Bukan Jakarta, Ini Kota dengan Internet Paling Kencang di Indonesia

Kota Internet paling cepat Indonesia

Telset.id, Jakarta – Jika Anda berpikir kalau Jakarta adalah kota dengan akses internet paling cepat di Indonesia, maka anggapan Anda salah. Sebab menurut Speedtest, Tanggerang adalah kota dengan kecepatan internet paling ngebut di Tanah Air.

Siapa sih yang tidak mengenal Speedtest? Aplikasi ini kerap dijadikan acuan oleh para pengguna perangkat Android, iOS, Windows, dan lainnya untuk menguji kecepatan internet mereka.

Nah, baru-baru ini Speedtest merilis penelitian terbaru seputar kota dengan koneksi internet paling cepat.

Sebagai daerah penyangga ibu kota, Tanggerang justru menjadi kota di Indonesia dengan kecepatan internet mobile paling kencang. Kecepatan download-nya mencapai 18,97 Mbps, upload 12,28 Mbps, dan dengan latensi 26 ms.

{Baca juga: Dear Netizen, Ini 5 Tips Cerdas Berinternet ala Google}

Bagaimana dengan Jakarta? Ibu kota Indonesia ini justru berada di peringkat ketiga di bawah Makassar. Kecepatan download di Jakarta cuma 17,91 Mbps, upload 10,81 Mbps, dan latensi 32 ms.

Sementara Makassar yang menempati posisi kedua sebagai kota Indonesia dengan kecepatan internet paling cepat, mempunyai kecepatan download 18,50 Mbps, upload 11,13 Mbps, dan latensi 46 ms.

Berikut ini daftar 10 kota di Indonesia dengan kecepatan internet paling cepat versi Speedtest:

Kota Internet paling cepat Indonesia

Internet Telkomsel Paling Cepat se-Indonesia

Masih dalam laporan yang sama, Speedtest juga memaparkan operator seluler terbaik dengan kecepatan internet tercepat. Telkomsel menjadi jawaranya kalau berbicara soal kecepatan internet, latensi, dan skor konsistensi.

Sedangkan untuk ketersediaan 4G LTE, IM3 Ooredoo justru menjadi nomor wahid dengan 95,5%. Telkomsel di posisi justru tertinggal di posisi keempat dengan 92,4%.

Speedtest pun merilis peringkat berdasarkan perangkat yang memberikan kecepatan download paling cepat. iPhone 11 Pro Max mengisi urutan pertama, diikuti iPhone Xs Max, Samsung Galaxy Note10+, Galaxy S10+, dan Galaxy Note9.

{Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Mudah dan Halal}

Sementara berdasarkan produsen dengan kecepatan download tertinggi di Indonesia, Apple menjadi juaranya. Raksasa asal Cupertino itu mengalahkan Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Menariknya, Speedtest juga membeberkan chipset terkencang dalam hal kecepatan download selama Q3-Q4 2020. Prosesor XNM 7660 dari Intel paling unggul, diikuti Samsung Exynos 9820, Exynos 9825, Exynos 9810 , dan XMM 7560 dari Intel. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here