Awas! Phishing Berkedok Streaming Netflix Banyak Beredar

Telset.id, Jakarta – Kaspersky menemukan beredar banyak phishing berkedok layanan streaming populer, seperti Netflix, Disney+ dan lainnya. Dari awal Januari 2020 hingga akhir Juni 2021, produk Kaspersky mendeteksi lebih dari 93.000 upaya infeksi yang menyamar sebagai layanan streaming.

Dalam laporan Kaspersky, lima layanan streaming populer yang disamarkan seperti: Netflix, Disney+, Apple TV+, Amazon Prime Video, dan Hulu.

Dalam hal acara orisinal di platform streaming, The Mandalorian dan Money Heist adalah acara yang paling sering dieksploitasi untuk menyebarkan aktivitas berbahaya karena popularitasnya.

Baca Juga: Jangan Akses Situs Download Film James Bond Terbaru

Temuan ini dan lainnya terungkap dalam laporan terbaru Kaspersky, ‘Streaming wars continue — what about cyberthreats?”, yang menganalisis lanskap ancaman phishing terkait layanan streaming di tahun 2020-2021.

Streaming Netflix jadi Umpan Phishing

phishing netflix

Layanan konten on-demand dan streaming telah mengalami pertumbuhan pesat dalam dua tahun terakhir, yang semakin dipercepat oleh pandemi.

Dengan cepat beradaptasi dengan meningkatnya permintaan untuk sumber hiburan alternatif, para pelaku kejahatan siber melihat peluang mereka untuk memanfaatkan minat pengguna untuk menonton acara favorit mereka di platform streaming, dengan skema penipuan.

Secara keseluruhan, produk Kaspersky mendeteksi 93.095 upaya untuk menginfeksi 18.938 pengguna unik dengan 8.650 file berbeda dari 1 Januari 2020, hingga 30 Juni 2021.

Baca Juga: Hacker Intai Aplikasi Perbankan

Netflix tidak hanya menjadi platform terkemuka untuk fitur keanggotaan, tetapi juga layanan streaming paling populer yang digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber.

Faktanya, 89,93% pengguna yang terpengaruh menjadi korban serangan malware atau perangkat lunak berbahaya saat mencari Netflix dan konten terkait. Distribusi Malware dan aplikasi yang tidak diinginkan berdasarkan platform, 1 Januari 2020 – 30 Juni 2021

Para pelaku kejahatan siber secara aktif memanfaatkan acara dan serial streaming sebagai umpan penipuan online.

Baca Juga: Installer Windows 11 Palsu Bertebaran dan Mengandung Trojan

Menurut Kaspersky, hampir 60% upaya infeksi terjadi hanya dengan menggunakan dua serial populer sebagai kedok. Ini menjadi salah satu cara phishing di layanan streaming seperti Netflix dan lainnya.

The Mandalorian (28,72%) dan Money Heist (28,41%), dua hit terbesar di dunia dalam beberapa tahun terakhir, telah secara aktif dieksploitasi oleh pelaku kejahatan siber yang menyebarkan aktivitas berbahaya mereka.

Pertunjukan lain dari lima seri teratas yang sering dimanfaatkan oleh para phisher termasuk Rick and Morty (9,69%), Peaky Blinders (9,25%) dan Westworld (7,17%).

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Agar Terhindar dari Serangan Ransomware

“Membandingkan data tahun 2021 dengan indikator tahun 2020, kami melihat bahwa mengunduh file berbahaya dengan kedok acara TV telah menjadi jauh lebih jarang, tetapi ini tidak menyelamatkan pengguna dari ancaman lain seperti phishing yang memanfaatkan popularitas layanan streaming,” ujar Anon V. Ivanov, pakar keamanan di Kaspersky.

“Phishing yang memanfaatkan popularitas layanan streaming memungkinkan penjahat dunia maya dapat mencuri kredensial dan uang pengguna,” sambung Ivanov. [HR/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI