5 Tips Ampuh Agar Terhindar dari Serangan Ransomware

Telset.id – Ransomware adalah jenis malware berbahaya yang harus Anda waspadai. Tak cuma perangkat PC atau laptop saja, smartphone pun rentan diserang oleh file berbahaya jenis ini. Nah, berikut adalah tips aman dari serangan malware ransomware.

Sebagai gambaran, ransomware merupakan virus berbahaya yang menargetkan smartphone, PC, laptop, dan perangkat keras sejenis untuk memperoleh informasi penting berupa dokumen, foto, dan lainnya.

Makin bahayanya, ketika hacker mendapatkan apa yang mereka inginkan, ransomware akan bertugas untuk mengunci file curian tadi di perangkat korban. Untuk membukanya, korban wajib membayar sejumlah uang agar kunci akses diberikan.

{Baca juga: Gigabyte Digempur Ransomware RansomEXXX, 112 GB Data Dicuri}

Ransomware dapat masuk ke laptop atau PC Anda dengan berbagai cara. Misalnya, Anda mungkin mencolokkan flash disk yang terinfeksi atau mengunduh sesuatu dari situs web yang berbahaya.

Atau, membuka email dengan lampiran berbahaya atau tautan ke situs berbahaya. Praktik kejahatan siber ini biasanya menyasar para institusi pemerintah, swasta, sampai layanan kesehatan.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kejahatan macam ini menyerang ke orang-orang secara pribadi termasuk Anda. Oleh karenanya, supaya tidak menjadi korban, Anda bisa mengikuti beberapa tips agar aman dari serangan ransomware ala Kaspersky.

1. Selalu Back-up Data di Perangkat Lain

Tips aman dari serangan Ransomware

Akan sangat bahaya jika ransomware menginfeksi perangkat utama Anda. Oleh karenanya, ada baiknya kalau Anda menyimpan data-data penting di perangkat lainnya semisal hardisk eksternal, smartphone, atau bahkan sistem cloud terpercaya.

Anda dapat melakukan pencadangan data penting seminggu sekali atau bahkan setiap bulan. Backup data ini sebagai antisipasi kalau perangkat Anda disusupi ransomware jahat.

2. Waspada Ransomware Lewat Email

Cara blokir email Gmail dan Yahoo Mail

Lampiran email dan situs web adalah tempat persembunyian untuk trojan ransomware.  Anda harus waspada terhadap setiap pesan yang masuk ke email. Anda harus mengecek mengenai email pengirim, konten yang dikirim, dan tautan di dalamnya.

Pastikan Anda tahu siapa pengirimnya, apakah dari teman atau kolega pekerjaan. Apabila Anda menerima email yang mencurigakan dari pengirim anonim, segera haus pesan tersebut.

Jangan pernah membuka konten yang berada di dalamnya, karena bisa jadi ransomware disematkan di sana dan siap menginfeksi perangkat Anda.

3. Jangan Mengunjungi Web yang Mencurigakan 

Gigabyte serangan Ransomware

Tidak sebatas pada tautan dalam email saja, para pelaku kejahatan siber menggunakan serangkaian trik lain agar bisa menjerat korban. Salah satunya melalui website.

Modusnya biasanya Anda diminta untuk mengklik sebuah banner dan muncul website tertentu. Bisa juga, Anda disarankan untuk mengunduh sesuatu secara paksa.

Kedua modus ini tentu saja dilakukan agar perangkat Anda bisa diretas dengan mudah melalui ransomware.

{Baca juga: Palo Alto Kenalkan Firewall PAN-OS 10.1, Mampu Cegah Ransomware}

Tips agar aman dari serangan ransomware kunjungi website terpercaya dan yang memiliki reputasi yang bagus di masyarakat.

4. Update Software PC

Tips aman dari serangan Ransomware

Anda harus rajin melakukan pembaruan atau update software atau sistem operasi secara teratur. Biasanya, vendor selalu menyebarkan patch keamanan tiap bulannya untuk menambal bug atau celah keaman.

Hal ini diperlukan supaya sistem keamanan di perangkat tetap stabil. Melakukan update memang sedikit menyita waktu, tetapi perlu dilakukan demi menjaga data Anda.

5. Instal Solusi Keamanan yang Andal

Tips aman dari serangan Ransomware

Solusi keamanan modern dapat mengidentifikasi dan memblokir malware secara real-time. Misalnya, Kaspersky Internet Security yang berisi berbagai alat untuk melindungi pengguna dari ransomware.

Kaspersky Internet Security akan menganalisis tindakan pada aplikasi yang berjalan dan memblokir upaya enkripsi file, sehingga data-data Anda terbebas dari serangan ransomware.

{Baca juga: Awas! 8 Aplikasi Penambang Kripto Ini Disusupi Malware Ganas}

Kelima tips ini dapat membantu Anda agar terhindar dari serangan ransomware. Perlu diingat bahwa keamanan data ada di tangan Anda. Lakukan kelima tips ini supaya tidak menjadi korban kejahatan ransomware. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0