OpenAI Resmi Umumkan Model AI GPT-4o, Makin Mirip Manusia

Telset.id, Jakarta – OpenAI resmi mengumumkan model AI baru yang bernama GPT-4o. Model baru ini diklaim oleh perusahaan memiliki pendekatan interaksi antara manusia dengan komputer yang lebih alami.

Model AI terbaru dari OpenAI ini disebut mampu menerima informasi dalam format teks, audio, dan gambar atau kombinasi antara ketiganya. Selain menerima informasi melalui format tersebut, GPT-4o juga mampu memberikan keluaran dengan ketiga format ini.

Menariknya, model baru ini juga diklaim mampu mengenali emosi pengguna, memungkinkan kita menyela di tengah pembicaraan, dan merespons hampir secepat manusia dalam sebuah pembicaraan.

BACA JUGA:

CTO OpenAI Mira Murati menegaskan bahwa hal yang paling penting dari GPT-4o adalah kesempatan untuk memberikan teknologi AI model GPT-4 kepada semua orang, yang mana ini termasuk kepada pengguna gratis ChatGPT, sebagaimana dilansir Telset dari Engagdet.

“Hal istimewa tentang GPT-4o adalah ia memberikan kecerdasan tingkat GPT-4 kepada semua orang, termasuk pengguna gratis kami. Ini adalah pertama kalinya kami membuat langkah maju yang besar dalam hal kemudahan penggunaan,” ujar Mira.

Dalam pengumumannya, OpenAI memamerkan GPT-4o yang menerjemahkan percakapan langsung dengan bahasa Inggris dan Italia. Ini membantu seseorang peneliti memecahkan persamaan linier secara langsung.

Sementara itu, huruf o pada GPT-4o adalah singkatan dari omni, yang menunjukan pada kemampuan model AI ini. OpenAI menjelaskan bahwa GPT-4o dilatih berbagai masukan, mulai dari teks, visi, hingga suara. Ini berarti semua masukan dan keluaran informasi bisa diproses oleh jaringan saraf yang sama.

Ini pun menunjukan perbedaan dengan model AI lain dari OpenAI, seperti GPT-3.5 dan GPT-4, yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan hanya dengan berbicara, namun kemudian menyalin ucapan tersebut ke dalam teks. Yang mana ini menghilangkan nada dan emosi serta membuat interaksi menjadi lebih lambat.

OpenAI membuat model baru ini tersedia untuk semua orang, termasuk pengguna ChatGPT gratis, selama beberapa minggu ke depan. Selain itu perusahaan milik Sam Altman ini juga merilis ChatGPT versi desktop untuk Mac, yang dapat diakses oleh pengguna berbayar mulai hari ini.

BACA JUGA:

Sekedar informasi, pengumuman model baru ini juga datang sehari sebelum berlangsungnya Google I/O, konferensi pengembang tahunan yang diselenggarakan Google. Di ajang ini raksasa mesin pencari tersebut akan memperkenalkan model AI Gemini yang memiliki kemampuan mirip GPT-4o. [FY/IF]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI