Open AI Siapkan ChatGPT-5, Dirilis Akhir 2023

Telset.id, JakartaChatGPT-4 baru saja dirilis baru-baru ini dengan iterasi terbaru dari Large Language Model (LLM), kini dirumorkan ChatGPT-5 kemungkinan akan dirilis oleh OpenAI pada akhir tahun 2023.

Sebagai informasi, ChatGPT awalnya dibuat dengan ChatGPT-3.5, teknologi AI ini mampu memberikan jawaban dengan cukup lengkap mengenai banyak hal, yang membuat populer dan banyak digunakan orang.

Setelah itu, ChatGPT-4 hadir memberikan kelebihan dibandingkan versi ChatGPT sebelumnya untuk meningkatkan pengalaman para penggunanya dalam mencari jawaban yang diinginkan.

BACA JUGA:

Dilansir Telset dari Gizmochina, detail seputar GPT-5 saat ini masih belum jelas, karena perusahaan masih belum membahas proyek ini secara terbuka. Namun, pengembang Sigi Chen melalui akun Twitternya menyebutkan beberapa orang di dalam perusahan bahwa GPT-5 akan mencapai Artificial General Intelligence (AGI).

Artificial General Intelligence merupakan salah satu peningkatan penting dalam pengembangan teknologi AI yang akan membuat kondisi di mana mesin bisa menampilkan kemampuan yang mirip manusia, seperti pemahaman dan kecerdasan.

Kemudian Chen mengklarifikasi bahwa cuitannya tidak mewakili keputusan dalam OpenAI. Namun, potensi GPT-5 untuk melampau kemampuan GPT-4 sangat signifikan, mengingat GPT-4 sudah mampu menganalisis teks dan gambar, melakukan tugas kompleks, dan menampilkan kreativitas.

Microsoft saat ini sudah menggunakan GPT-4 untuk mesin pencari Bing versi terbaru yang diluncurkan dalam versi preview di awal tahun ini. Selain itu, kemampuan canggih GPT-4 telah digunakan dalam berbagai aplikasi lain, seperti Security Pilot yang juga dari Microsoft dan kemungkinan kemampuan GPT-5 akan lebih canggih lagi.

BACA JUGA:

Di sisi lain, masih ada kekhawatiran signifikan tentang ChatGPT-5 yang mencapai yang mencapai kecerdasan dan pemahaman tingkat manusia. Sementara itu, beberapa laporan merekomendasikan ChatGPT untuk ikut uji turing, yang mengevalusia kemampuan mesin untuk menunjukan perilaku cerdas yang mirip manusia, meskipun para ahli membantah ini.

Sebelum ChatGPT-5 dirilis akhir 2023, kemungkinan juga OpenAI meluncurkan GPT-4.5 pada bulan September atau Oktober. Lebih lanjut, evolusi ChatGPT ini juga merupakan perkembangan  AI yang menarik. [FY/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI