Bos OpenAI Takut ChatGPT akan Gantikan Pekerjaan Manusia

Telset.id, Jakarta – Kehadiran ChatGPT ternyata menimbulkan kekhawatiran bagi CEO OpenAI Sam Altman, karena dia takut kecanggihan ChatGPT bisa menggantikan pekerjaan manusia dan dipakai untuk tindak kejahatan.

Dalam sebuah wawancara dengan ABC News seperti dikutip Telset dari Gizmochina pada Senin (20/3/2023), Bos OpenAI mengakui bahwa dirinya sedikit takut dengan kecanggihan chatbot AI macam ChatGPT karena bisa menghilangkan pekerjaan manusia.

Altman mengakui kalau manusia memiliki kemampuan untuk beraptasi dengan teknologi. Akan tetapi, perubahan teknologi yang cepat dapat menciptakan tantangan yang signifikan bagi manusia.

BACA JUGA:

Contohnya saja kecanggihan ChatGPT yang menurutnya berpotensi bisa menggantikan pekerjaan manusia, sehingga berpengaruh pada angka pengangguran.

Ketakutan lainnya adalah ChatGPT dipakai untuk tindak kejahatan seperti menyebarkan disinformasi berskala besar atau serangan siber yang ofensif.

Meskipun ChatGPT saat ini sangat dikendalikan oleh manusia, ada risiko bahwa individu atau organisasi lain mungkin tidak menerapkan batas keamanan yang sama sehingga berpotensi menimbulkan kejahatan siber, menggunakan ChatGTP.

CEO OpenAI ini pun menyarankan agar masyarakat memikirkan cara mengatur dan menangani potensi dampak teknologi AI seperti ChatGPT. Tujuannya agar tidak menyalahgunakan ChatGPT atau menjadi korban kejahatan berbasis teknologi AI.

Secara keseluruhan, komentar Altman menyoroti sifat teknologi AI yang kompleks dan seringkali tidak dapat diprediksi serta potensi dampaknya terhadap masyarakat.

Meskipun AI memiliki potensi untuk merevolusi banyak industri dan meningkatkan kehidupan kita dengan berbagai cara, AI juga menimbulkan tantangan dan risiko signifikan yang perlu ditangani.

BACA JUGA:

Seiring AI terus berkembang dan menjadi lebih maju, penting bagi masyarakat untuk mempertimbangkan dan mengelola dampaknya dengan cermat. Sebelumnya OpenAI baru-baru ini meluncurkan versi bot ChatGPT-4.

Teknologi AI yang diklaim perusahaan lebih kreatif dan kolaboratif daripada versi sebelumnya. Lalu OpenAI juga meluncurkan langganan ChatGPT Plus untuk pengguna, menawarkan akses awal ke fitur-fitur baru termasuk akses ke teknologi GPT-4. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI