Gara-Gara Bug, Data Pengguna ChatGPT Bocor ke Publik

Telset.id, Jakarta – Dibalik kecanggihannya, ternyata ChatGPT memiliki kelemahan. Baru-baru ini muncul bug yang membuat data pengguna ChatGPT bocor ke publik, tepatnya ke pengguna ChatGPT lainnya. Kok bisa?

Menurut keterangan dari OpenAI selaku pengembang ChatGPT, kasus ini bermula dari foto screenshot yang dibagikan pengguna di situs Reddit. Dalam situs tersebut, terliht kalau ada sidebar yang menampilkan riwayat obrolan sebelumnya dari pengguna lain tepatnya judul percakapan.

Dari kasus tersebut OpenAI mematikan sementara ChatGPT pada Senin (20/03/2023), selama hampir 10 jam untuk menyelidiki. Hasil penyelidikan tersebut mengungkapkan masalah keamanan yang lebih dalam.

Sebab bug riwayat obrolan pengguna ChatGPT mungkin juga berpotensi mengungkap data pribadi dari 1,2% pelanggan ChatGPT Plus.

“Sebelum kami menjadikan ChatGPT offline pada hari Senin, beberapa pengguna dapat melihat nama depan dan belakang pengguna aktif lainnya, alamat email, alamat pembayaran, 4 digit terakhir nomor kartu kredit, dan nomor kartu kredit,” tulis tim OpenAI.

BACA JUGA:

Dikutip Telset dari Engadget pada Sabtu (25/03/2023), masalah bug telah teratasi dan ChatGPT sudah berfungsi normal.

Perusahaan sendiri disebut telah mengambil langkah-langkah tambahan untuk mencegah hal ini terjadi lagi di masa mendatang, termasuk menambahkan pemeriksaan berlebihan ke panggilan perpustakaan.

“Kami memeriksa log kami secara terprogram untuk memastikan bahwa semua pesan hanya tersedia untuk pengguna yang benar dan meningkatkan logging untuk mengidentifikasi kapan ini sedang terjadi dan sepenuhnya mengonfirmasi bahwa itu telah berhenti,” ungkap OpenAI.

Perusahaan mengatakan bahwa mereka juga telah menghubungi untuk memperingatkan pengguna yang terkena dampak masalah ini.

Bug yang terjadi di ChatGPT cukup ironis mengingat sebelumnya perusahaan pengembang mengumumkan teknologi chatbot terbaru yakni ChatGPT-4 dengan berbagai keunggulan.

BACA JUGA:

Salah satunya memiliki kemampuan multimodal yang memungkinkan pengguna bisa memberikan pertanyaan dalam bentuk teks dan gambar.

Dengan memposting beberapa gambar serta mengajukan pertanyaan, nantinya ChatGPT-4 akan menjawabnya, sehingga memudahkan pengguna dalam mengajukan pertanyaan ke aplikasi. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI