Meta Luncurkan MusicGen AI, Bisa Buat Lagu Pakai Teks dengan Mudah

Telset.id, Jakarta – Saat ini time riset Audiocraft Meta baru saja merilis MusicGen, model bahasa pembelajaran atau sebuah platform dengan teknologi AI untuk membuat musik serta lagu yang baru.

MusicGen ini menggunakan teknologi AI untuk mempermudah penggunanya dalam proses pembuatan lagu berdasarkan permintaan dari teks, serta bisa menyelaraskan dengan lagu yang sudah ada, lapor The Decoder.

Pada dasarnya ini sangat mirip dengan ChatGPT karena hanya memerlukan teks untuk membuat perintah, MusicGeN membiarkan pengguna membuat lagu sesuai keinginan, lalu memasukkan lagu yang sudah ada jika diinginkan dan kemudian mengklik tombol generate.

BACA JUGA:

Dilansir Telset dari Engadget, untuk membuat sebuah musik dengan MusicGen AI buatan Meta memerlukan waktu sekitar 160 detik atau 2 menit 30 detik untuk membuat musik baru berdasarkan perintah teks.

Demo di situs Hugging Face AI Facebook mengungkapkan bahwa teknologi ini bisa menghadirkan musik favorit pengguna, contohnya lagu pop untuk mengemudi bernuansa tahun 80-an dengan isian drum yang heavy dan synth di latar belakangnya.

Setelah itu, lagu berdurasi 30 detik sesuai permintaan berhasil dibuat dan kalian bisa memilih bagian tertentu dari lagu tersebut hanya dalam menekan tombol generate, dan platform ini akan membuat sampel berkualitas tinggi dengan durasi hingga 12 detik.

Tim pengembang menggunakan sebanyak 20.000 jam musik berlisensi untuk MusicGen, ini termasuk dari 10.000 musik berkualitas tinggi dari kumpulan data internal dan trek dari Shutterstock dan Pond5.

Untuk membuat musik lebih cepat, pengembang menggunakan tokenizer audio 32Khz melalui EnCodec Meta untuk menghasilkan potongan musik yang lebih kecil yang dapat diproses secara paralel.

“Tidak seperti metode yang ada pada MusicLM, karena MusicGen tidak memerlukan representasi semantik yang diawasi sendiri, dan hanya memiliki 50 langkah regresi otomatis audio per detik,” ungkap Ahsen Khaliq Insinyur Hugging Face ML dalam sebuah cuitan Twitter.

BACA JUGA:

Bulan lalu, Google juga merilis generator musik serupa bernama MusicLM, tetapi MusicGen tampaknya memberikan hasil yang sedikit lebih baik. Pada halaman sampel, para peniliti membandingkan keluaran MusicGen dengan MusicLM, Riffusion, dan Musai untuk membuktikan hal tersebut.

Ini dapat dijalankan secara lokal melalui perangkat pribadi, disarankan perangkat memiliki GPU dengan 16GB RAM dan tersedia dalam 4 ukuran model dari yang kecil sekitar 300 juta parameter hingga besar 3,3 miliar parameter, dan generator ini memiliki potensi besar untuk membuat musik yang kompleks.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI