Upstream Ajak Pekerja WFH Liburan Virtual Selama Pandemi

Liburan Virtual Upstream Covid-19

Telset.id, Jakarta – Aplikasi Upstream sedang berupaya untuk memberikan liburan virtual bagi para pekerja yang WFH alias bekerja dari rumah saat pandemi Covid-19. Upstream membantu perusahaan mengatur acara liburan bagi para pekerja yang tidak ngantor sejak Maret 2020.

Fitur baru Holiday Mixer memungkinkan para karyawan berkumpul di sebuah liburan virtual. Mereka akan ditempatkan di ruang tunggu khusus audio, lengkap dengan latar belakang meriah dan musik liburan.

Pertemuan tersebut kemudian berputar menjadi empat sesi dengan pembagian per lima menit.

Para peserta akan mengobrol satu lawan satu dengan rekan kerja yang dipasangkan secara acak. Dikutip Telset dari New York Post, Minggu (6/12/2020), CEO Upstream, Alex Taub, mengatakan pandemi Covid-19 mendorongnya jadi lebih kreatif.

{Baca juga: Berapa Kuota yang Dihabiskan untuk Jalan-jalan Virtual?}

Ie mengemukakan, Upstream awalnya merupakan aplikasi bagi para profesional untuk bersosialisasi dan bertemu. “Namun, seorang investor mengirimi pesan dan menyampaikan soal pesta liburan yang tidak digelar selama pandemi Covid-19,” ujarnya.

Taub kemudian membayangkan, dengan beberapa penyesuaian, Upstream bisa menjadi solusi bagi para pekerja untuk tetap bisa mengadakan pesta liburan virtual meski di tengah pandemi Covid-19. Ia yakin Upstream akan terus relevan pascapandemi Covid-19.

“Kami akan mendapatkan vaksin virus corona dan kembali normal dalam satu tahun atau dua tahun ke depan. Kami sudah memikirkan hal itu. Kami berpikir bakal selalu ada komponen virtual untuk para pekerja meski pandemi Covid-19 usai,” katanya.

“Dalam delapan bulan terakhir, dunia telah mengalami percepatan delapan tahun dalam hal masa depan pekerjaan. Jika perusahaan ingin bersaing untuk mendapatkan talenta-talenta terbaik, harus ada beberapa aspek jarak jauh,” tambah Taub.

Liburan Virtual jadi Hiburan di Pandemi Covid-19

Liburan virtual sepertinya menjadi solusi tepat bagi masyarakat yang sudah kangen bepergian. Asal tahu saja, pandemi Covid-19 memaksa kita untuk jaga jarak dan menjaga kesehatan agar tidak tertular virus corona.

Di Jepang misalnya, pengusaha bernama Katsuo Inoue memilih Italia untuk liburan virtual musim panas tahun ini. Ia menikmati fasilitas kabin kelas bisnis dan menyaksikan pemandangan Florence dan Roma tanpa pernah meninggalkan Tokyo.

Inoue dan istrinya memanfaatkan layanan dari perusahaan hiburan Tokyo First Airlines. Perusahaan tersebut menggunakan kacamata VR untuk membawa warga Jepang liburan virtual selama pandemi Covid-19.

“Saya sering pergi ke luar negeri untuk urusan bisnis. Akan tetapi, saya belum pernah ke Italia. Kesan saya cukup baik. Saya merasa benar-benar melihat sesuatu di sana,” ujar Inoue.

{Baca juga: Warga Jepang Liburan Virtual Keliling Dunia Naik Pesawat Palsu}

Wisatawan duduk di kursi kelas satu atau bisnis di kabin tiruan maskapai penerbangan sambil menikmati makanan dan minuman. Mereka berwisata lewat layar panel datar yang menampilkan pemandangan luar pesawat, termasuk awan.

Kacamata VR virtual menyediakan tur liburan virtual nan imersif ke berbagai tujuan, termasuk Italia, Prancis, Amerika Serikat, serta Hawaii. Mereka sungguh menikmati perjalanan yang sebenarnya pesawat tidak pernah lepas landas dari daratan. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here