Imbas Lawan Pemblokir Iklan, Akses YouTube Malah Jadi “Lemot”

Telset.id, Jakarta – YouTube berusaha keras untuk melawan pemblokir iklan di platform mereka, tetapi upaya tersebut dilaporkan membuat pengalaman menonton jadi kurang maksimal karena YouTube jadi lemot.

Kasus ini dialami oleh pengguna yang mengakses YouTube melalui aplikasi web browser Mozilla Firefox dan Microsoft Edge. Beberapa pemirsa YouTube yang menggunakan kedua browser tersebut melaporkan harus menunggu sekitar 5 detik setiap kali mereka mencoba memuat video di YouTube.

Dalam rekaman layar yang dibagikan di Reddit dan forum online lainnya, pengguna menunjukkan bagaimana YouTube jadi lemot waktu yang singkat ketika mereka mengklik video YouTube sebelum halaman dimuat. Tetapi ketika mereka beralih ke Chrome masa tunggu itu sepertinya tidak ada.

Sementara itu dikutip Telset dari Engadget pada Rabu (22/11/2023), berdasarkan kode yang ditemukan oleh beberapa poster YCombinator dan Reddit, YouTube telah menerapkan mekanisme anti pemblokir iklan yang menyebabkan penundaan saat mengakses video.

BACA JUGA:

Dalam sebuah pernyataan bahwa Google mengakui bahwa mereka telah menerapkan sistem yang dimaksudkan untuk mendesak pemirsa untuk menghapus pemblokir iklan mereka.

Perusahaan mengatakan bahwa pengguna yang memasang pemblokir iklan mungkin mengalami tampilan yang kurang optimal, dan hal itu bisa terjadi di banyak browser. Tidak peduli browser apa yang mereka pilih untuk digunakan.

“Kami telah mendesak pemirsa dengan pemblokir iklan yang diaktifkan untuk mengizinkan iklan di YouTube atau mencoba YouTube Premium untuk pengalaman bebas iklan. Pengguna yang memasang pemblokir iklan mungkin mengalami tampilan yang kurang optimal, terlepas dari browser yang mereka gunakan,” ujar juru bicara Google.

YouTube mulai serius menindak pemblokir iklan awal bulan ini dengan mencegah pemirsa di seluruh dunia menonton video kecuali mereka menonaktifkan aplikasi, add-on, dan ekstensi mereka.

BACA JUGA:

Harapannya bisa menarik pengguna untuk berlangganan layanan YouTube Premium seharga USD 14 atau Rp 218 ribu per bulan. Beberapa perusahaan pemblokiran iklan mengalami peningkatan jumlah penghapusan instalasi imbas kebijakan itu, tetapi belum mengungkapkan apakah langganan YouTube Premium juga meningkat sebagai hasilnya.

https://www.engadget.com/google-admits-youtubes-war-on-ad-blockers-is-resulting-in-suboptimal-viewing-experiences-115041371.html

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI