YouTube Makin Galak Razia Pengguna yang Blokir Iklan Video

Telset.id, Jakarta – YouTube semakin serius untuk memberantas pengguna aplikasi atau layanan blokir iklan video. Perusahaan memperluas upaya tersebut sehingga pengguna tidak bisa mengaksesnya lagi.

Sebelumnya pada bulan Juni 2023 lalu, YouTube mengumumkan bahwa mereka sedang menjalankan eksperimen kecil secara global yang mendesak pengguna yang menggunakan layanan blokir iklan video YouTube untuk menonaktifkannya jika mereka ingin melihat konten di platform tersebut.

Selang beberapa bulan kemudian tepatnya akhir Oktober 2023, langkah ini bukan lagi sebagai eksperimen kecil. Dikutip Telset dari GSM Arena pada Rabu (01/11/2023), YouTube kini mengatakan pihaknya meluncurkan upaya global untuk menindak pemblokir iklan dan mendorong pengguna untuk mengizinkan iklan atau membayar YouTube Premium.

Hal ini disampaikan langsung oleh manajer komunikasi YouTube Christopher Lawton. Menurut Lawton, saat pengguna menemukan blok pemblokir iklan YouTube, pengguna akan melihat pesan seperti pada gambar di bawah ini.

BACA JUGA:

YouTube Pemblokir Blokir Iklan Video

Bagian pentingnya tertulis kalau pemutaran video diblokir kecuali YouTube diizinkan atau pemblokir iklan dinonaktifkan. Semacam ancaman kepada pengguna untuk tidak menggunakan aplikasi pemblokir iklan YouTube kalau ingin menyaksikan video.

Secara tidak langsung pengguna memiliki 2 pilihan yaitu mengizinkan iklan atau mencoba YouTube Premium, dan selesai. Harus diakui kalau perluasan pemblokiran pemblokir iklan YouTube terjadi secara bertahap selama beberapa minggu terakhir. Menurut Lawton, penggunaan pemblokir iklan melanggar persyaratan layanan platform.

“Iklan mendukung ekosistem kreator yang beragam secara global dan memungkinkan miliaran orang mengakses konten favorit mereka di YouTube,” ujarnya.

Sebelumnya YouTube berusaha mengarahkan pengguna ke sumber berita yang dapat dipercaya melalui hub konten berita khusus.

YouTube meluncurkan hub khusus dan imersif untuk berita terpercaya. Halaman ini akan mengumpulkan berita dari sumber resmi dalam beberapa format, yakni video on demand, live stream, podcast, dan Shorts.

BACA JUGA:

Tujuannya hub berita terpercaya ini membantu pengguna YouTube mempelajari lebih lanjut tentang topik atau cerita dari beberapa sumber dan sudut pandang. Sekaligus memudahkan mereka mengeksplorasi masalah secara mendalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI