Jagat.io, Metaverse Indonesia yang Terhubung dengan Ibu Kota Nusantara

Telset.id, Jakarta – Masyarakat Indonesia patut berbangga, karena Indonesia sudah mempunyai dunia virtual atau metaverse yang bernama Jagat.io. Dunia metaverse asli Indonesia yang terhubung dengan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Melalui keterangan resminya pada Senin (31/10/2022), Jagat.io dibuat oleh PT Avatara Jagat Nusantara. Dunia virtual ini bisa diakses melalui situs play.jagat.io dan aplikasi Jagat yang sudah ada di Google Play Store dan App Store.

Co-Founder dan CEO Jagat, Barry Beagen menjelaskan kalau Jagat dapat dimanfaatkan untuk mengadakan rapat, pertemuan, nobar film, konser virtual, pertunjukan dan showcase karya digital, dan interaksi lainnya secara imersif, baik melalui telepon genggam ataupun web.

“Di Jagat, semua orang bebas mengekspresikan diri. Dengan kehadiran avatar, masyarakat dapat mewujudkan kepribadian yang sesuai dengan aspirasi mereka, ataupun persona suka-suka,” ujar Barry.

Melalui Jagat atau Jagat.io, Barry ingin masyarakat Indonesia melakukan interaksi dan menerapkan gaya hidup baru di dunia metaverse tersebut layaknya berada di dunia nyata.

BACA JUGA:

“Fitur-fitur yang dihadirkan terinspirasi oleh interaksi sehari-hari, walaupun hadir sebagai avatar, selalu ada opsi berbincang dengan menyalakan mikrofon, ataupun tatap muka secara online melalui kamera,” ungkap Barry.

Untuk memberikan pengalaman yang maksimal, metaverse Indonesia ini juga telah berbagai perusahaan teknologi dan lembaga pendidikan. Total ada sembilan partner yang sudah masuk ke dalam metaverse Jagat dengan konsep uniknya masing-masing.

Mereka adalah Noice, Sociolla, Bumilangit, Hepmil Media Group, ROH Project, Indozone, Jakarta Intercultural School, Pijar Foundation, dan Play3.

“Jagat mengedepankan interaksi sosial yang berakar pada perasaan senang saat berkumpul bersama teman-teman dan kebersamaan karena menurut kami bersosialisasi tidak bisa lepas dari entertainment,” kata Barry.

Kehadiran Jagat ini pun mendapatkan sambutan positif dari Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia itu menyebut kalau Jagat adalah metaverse pertama di Indonesia yang terhubung dengan ibu kota nyata yakni Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA:

“Hadirnya Nusantara ke dalam Metaverse dapat memupuk rasa kepemilikan serta kebangsaan terhadap Nusantara, terlebih anak-anak muda dari Sabang sampai Merauke dapat berpartisipasi aktif untuk membentuk kota masa depan Indonesia sesuai aspirasi mereka secara virtual,” jelas Joko Widodo.

Meski sudah diluncurkan, Jagat akan terus melakukan berbagai pengembangan. Saat ini Jagat telah mempersiapkan peta pengembangan IKN serta mengajak brand dan kreator lokal untuk berkreasi di Jagat. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0