9 Tips Jualan Online di Instagram Biar Laris Manis, Banyak Cuan!

Telset.id – Instagram atau IG sudah tak lagi menjadi sekadar aplikasi sosial media biasa. Lebih daripada itu, aplikasi berbagi foto ini menjadi platform yang potensial untuk dijadikan lapak berjualan online. Kali ini, kami akan membagikan tips jualan online di Instagram biar laris manis.

Beragam fitur yang ada di IG memudahkan Anda berjualan di paltform tersebut. Anda bisa memanfaatkan ini untuk mempromosikan produk dan menjualnya langsung melalui platform.

Nah, sebelum melakukan hal itu, ada baiknya Anda terlebih dahulu membaca tips jualan online di Instagram berikut ini. Yuk simak dulu tips selengkapnya!

1. Bikin akun Instagram Business

cara tips jualan online di Instagram

Gunakan layanan untuk mengubah akun Anda menjadi akun bisnis untuk Instagram. Dengan menggunakan Instagram Business, calon konsumen dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai kontak, email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi dari toko online Anda.

Baca juga: Instagram Live Sekarang Bisa untuk Salurkan Donasi

Selain itu, dengan menggunakan akun Instagram Business, toko Anda terlihat lebih terpercaya di mata konsumen.

Kelebihan lain dari menggunakan akun bisnis Instagram adalah, Anda dapat menyambungkannya ke fanspage Facebook. Sehingga lebih banyak calon konsumen yang bisa melihat produk Anda.

2. Berikan Kontak yang Jelas di Bio Instagram

cara tips jualan online di Instagram

Setelah membuat akun bisnis. Selanjutnya isi bio Instagram yang menarik untuk jualan. Dengan memberikan informasi yang jelas di bio, toko Anda terlihat lebih terpercaya dan tidak terlihat seperti akun bodong.

Dalam bio Anda bisa mencantumkan jam buka tutup toko, alamat toko jika ada, kontak yang bisa dihubungi, metode pembayaran dan juga layanan pengiriman yang Anda gunakan.

3. Jual Produk yang Sedang Trend

cara tips jualan online di Instagram

Masih bingung produk apa yang akan Anda jual di toko online? Mungkin Anda bisa mulai berjualan produk yang sedang trend saat ini. Dengan ini toko Anda bisa dibilang update dengan trend produk terkini.

Selain bisa cepat menarik konsumen karena produk tersebut memang sedang trend, peluang untuk produk tersebut laku juga menjadi lebih tinggi. Ditambah jika Anda bisa menjual dengan harga yang lebih bersaing.

Baca juga: Ukuran Post Instagram Terbaru 2022, Biar Foto Gak Terpotong!

4. Pakai Caption yang Jelas

hastag caption ig

Caption instagram untuk jualan ini sering dianggap remeh. Padahal caption yang jelas juga bisa menarik calon konsumen untuk membeli produk yang Anda jual.

Misalnya, jika Anda berjualan produk seperti baju, jangan lupa cantumkan ukuran yang tersedia, varian warna dan model yang bisa dipilih. Tambahkan dengan caption yang menarik dibaca.

Dengan memberikan caption yang jelas, calon konsumen akan mendapatkan gambaran yang juga lebih jelas dari produk yang Anda jual. Pastikan juga membuat caption yang mudah dimengerti ya.

5. Manfaatkan Hashtag Sesuai Produk

hastag caption ig

Penggunaan hashtag juga menjadi salah satu cara jualan di IG biar laris. Fungsi hashtag di Instagram adalah agar produk Anda dapat dengan mudah ditemukan. Maka dari itu, gunakan hashtag yang relevan sesuai dengan produk yang Anda jual.

Misalnya, jika calon konsumen mencari sebuah produk melalui hashtag dan hashtag tersebut Anda gunakan, maka calon konsumen akan mengunjungi akun Anda.

Patut diperhatikan juga bahwa jangan gunakan hashtag yang tidak sesuai dengan produk yang Anda. Jika demikian, toko online Anda bisa dipandang kurang baik dan bisa saja dianggap spam oleh Instagram.

6. Bikin Foto Produk yang Menarik

hastag caption ig

Konten utama yang disajikan di Instagram adalah foto dan video. Jika Anda berjualan di Instagram, pastikan untuk membuat postingan berupa foto ataun video produk yang menarik.

Baca Juga: Tips Edit Foto Instagram Pakai VSCO, Biar Banyak Like!

Dengan membuat foto barang jualan yang menarik, peluang menarik calon konsumen juga semakin lebih besar. Sebaliknya, jika Anda memilih menggunakan foto barang dagangan dengan asal-asalan, jangan harap banyak konsumen akan melirik.

7. Pasang Iklan di Instagram

hastag caption ig

Setelah menerapkan beberapa tips di atas, Anda bisa mempromosikan toko online Anda. Tidak perlu repot promosi dari mulut ke mulut, cukup pasang iklan melalui Instagram saja.

Dengan memasang iklan di Instagram, toko online Anda akan dipromosikan oleh Instagram kepada calon konsumen potensial. Tentunya ini akan meningkatkan kunjungan ke toko online Anda.

Pada akhirnya jika calon konsumen tersebut tertarik dengan produk yang Anda jual, Anda tinggal melakukan transaksi dan mendapatkan keuntungannya.

8. Endorse Selebgram untuk Promosi Produk

Promosi

Cara satu ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki dana berlebih. Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan cara melakukan endorse selebgram yang memiliki banyak followers.

Sebagian besar followers pastinya akan tertarik dengan apa yang dicoba atau digunakan oleh selebgram idolanya. Sehingga cara ini bisa sangat efektif untuk mempromosikan produk Anda.

Pastikan untuk memilih selebgram yang sesuai dengan preferensi produk Anda dan tentunya yang sesuai dengan budget Anda.

Baca Juga: 10 Aplikasi Download Foto Instagram Gak Pakai Ribet

9. Respon Cepat dan Ramah pada Pembeli

Promosi

Hal ini kadang dianggap sepele oleh penjual-penjual online baru. Respon cepat dan ramah yang diberikan pada calon pembeli bisa menjadi nilai lebih bagi toko online Anda.

Dengan memberikan respon yang cepat dan ramah akan membuat calon konsumen tertarik untuk membeli produk Anda. Namun jika hal sebaliknya yang Anda lakukan, siap-siap saja untuk ditinggalkan oleh calon pembeli potensial.

Well, itu dia tadi beberapa tips jualan online di Instagram biar laris manis. Cocok dicoba bagi Anda yang ingin mencoba berjualan online. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga dagangan Anda laris! (HR/IF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0