Demi Lawan TikTok, Google Akuisisi Startup Avatar AI

Telset.id, Jakarta – Google diam-diam telah mengakuisisi startup yang fokus dalam pengembangan avatar berteknologi AI bernama Alter. Pembelian perusahaan dilakukan untuk membangun fitur avatar di YouTube Shorts.

Dikutip Telset dari Engadget pada Senin (31/10/2022), perusahaan pimpinan Sundar Pichai itu membeli Alter sebesar USD 100 juta atau Rp 1,5 triliun. Selain itu pembelian perusahaan ini sudah dilakukan sejak 2 bulan lalu dan Google tidak mengumumkan secara terbuka soal aksi korporasinya ini.

Perlu diketahui bahwa Alter adalah startup yang menawarkan platform bernama Facemoji. Sebuah platform yang dapat digunakan pengembang lain untuk menambahkan sistem pembuatan avatar ke aplikasi dan game mereka.

Chief founder dan operating officer Alter Jonathan Slimak, menjelaskan bahwa dengan akuisisi yang dilakukan Google, maka otomatis Alter akan membangun avatar berteknologi AI di Google khususnya di YouTube Shorts.

Google Startup Avatar AI
Proyek Avatar AI yang dikembangkan Alter

Secara tidak langsung, kehadiran Alter ini akan membantu YouTube Shorts untuk melawan dominasi TikTok. Apalagi TikTok sudah sejak lama memiliki fitur avatar, yang banyak digunakan oleh pengguna untuk membuat konten-konten kreatif.

BACA JUGA:

Google Akuisisi Perusahaan Keamanan Mandiant 

Google Akuisisi Mandiant

Sebelumnya pada Maret 2022 lalu Mandiant juga diakuisisi raksasa teknologi Google senilai USD 5,4 miliar atau setara dengan Rp 77,5 triliun. Akuisisi Mandiant bertujuan untuk meningkatkan keamanan siber bisnis Google Cloud.

Google Cloud menjadi salah satu bisnis Google yang sedang bertumbuh pesat. Layanan tersebut menghasilkan pendapatan lebih dari USD 19 miliar atau sekira Rp 272,9 triliun per tahunnya.

BACA JUGA:

Demi meningkatkan pemasukan dan mengantisipasi serangan siber yang membuat bisnisnya terganggu, Google pun mengambil alih perusahaan. Mandiant sendiri terkenal dengan kemampuannya pada bidang respon insiden dan pengujian keamanan siber.

Selama ini jasa Mandiant kerap dipakai oleh perusahaan teknologi atau kantor berita untuk menyelidiki serangan hacker termasuk News Corp dan Nvidia. Tidak heran, kalau Google akhirnya kepincut dan mengakuisisi Mandiant. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0