Makin Mirip TikTok, YouTube Shorts Tambahkan Fitur Rekam Suara

Telset.id, Jakarta – YouTube Shorts semakin mirip dengan TikTok. Pasalnya, platform video singkat ini menambahkan fitur rekam suara yang bisa digunakan pengguna untuk menambahkan rekaman suara di dalam video.

Sebenarnya fitur ini ada sejak lama di TikTok, dimana pengguna bisa merekam suara dan memasukkannya ke dalam video. Caranya seperti merekan voice note di WhatsApp, dimana pengguna tinggal menekan tombol di aplikasi dan suara pun terekam.

Fitur rekam suara di YouTube Shorts ini membantu pengguna yang kerap membuat video tutorial, sehingga informasi yang ada di video bisa lebih jelas.

Namun, di akhir September 2022 YouTube Shorts merilis fitur serupa. Dikutip Telset dari Engadget pada Kamis (29/9/2022), YouTube menyebut kalau fitur rekam suara di Shorts bisa dipakai untuk memberikan intruksi, reaksi dan komentar lucu ke dalam video.

BACA JUGA:

“Tambahkan lapisan ekspresi kreatif lain ke Shorts Anda dengan menceritakan apa yang terjadi dalam konten Anda seperti instruksi, penjelasan, reaksi, komentar lucu, atau bahkan menambahkan suara baru Anda sendiri dan seterusnya,” kata YouTube.
Nantinya akan ada tombol rekaman suara yang berwarna merah di aplikasi YouTube. Pengguna tinggal menekan tombol untuk memulai merekam, dan menekannya lagi untuk menghentikan rekaman.
“Tekan tombol rekam merah untuk mulai merekam dan ketuk lagi untuk berhenti merekam. Anda juga dapat menahan tombol rekam saat merekam dan mengangkat untuk berhenti merekam,” sambung YouTube.
Saat ini fitur tersebut hanya tersedia di iOS. Semoga saja fitur narasi suara bisa hadir kepada pengguna Android.
Sebelumnya, pada April 2022 lalu YouTube menambah fitur baru bernama Cut di Shorts yang bisa dipakai untuk memotong serta menggabungkan berbagai video di YouTube menjadi video baru. Fitur yang mirip dengan fitur Stitch di TikTok.
Fitur Cut Fitur memungkinkan pengguna untuk memotong video panjang di YouTube dengan durasi maksimal 1 sampai 5 detik per video.
Dengan fitur ini pengguna bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu video baru di Shorts. Kemudian saat video ditampilkan, YouTube akan memberikan tautan ke video asli. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0