Google Search AI Tersedia di 120 Negara, Termasuk Indonesia

Telset.id, Jakarta – Fitur Google Search Generative Experience (SGE), yang didukung teknologi AI generatif diperluas jangkauannya sehingga tersedia di 120 negara termasuk Indonesia.

Hanya 6 bulan setelah debutnya di I/O 2023, Google mengumumkan pada hari Rabu (08/11/2023), bahwa SGE memperluas ke pengguna Search Labs di 120 negara dan wilayah, serta mendapatkan dukungan untuk 4 bahasa tambahan dan menerima beberapa fitur baru yang bermanfaat.

Google awalnya memulai debut fitur ini dengan pencarian menggunakan bahasa Inggris di Amerika Serikat pada bulan Mei 2023, dan diperluas ke pengguna berbahasa Inggris di India dan Jepang pada bulan Agustus 2023 diikuti oleh pengguna remaja pada bulan September 2023.

Kini fitur Google Search dengan AI mendukung Bahasa Spanyol, Portugis, Korea, dan Indonesia  sehingga Anda dapat mencari dan berkomunikasi dengan asisten dalam bahasa alami, dalam bentuk apa pun.

BACA JUGA:

Dikutip Telset dari Engadget pada Kamis (09/11/2023), penambahan akses bahasa ini disertai dengan berbagai fitur untuk versi desktop Chrome dan aplikasi Android yang hadir secara bertahap selama beberapa minggu mendatang.

Salah satunya fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan tambahan kepada asisten langsung di halaman hasil pencarian. Berikutnya fitur yang mirip  jendela mini-Bard yang bisa dipakai untuk menelusuri subjek tanpa meninggalkan halaman hasil atau bahkan perlu mengetikkan kueri mereka.

Google dilaporkan akan membatasi iklan ke area halaman yang spesifik dan dilambangkan untuk menghindari kebingungan antara mereka dan konten yang dihasilkan. SGE juga siap membantu mengklarifikasi istilah terjemahan yang ambigu.

Fitur baru ini akan secara otomatis mengenali kata-kata tersebut dan menyorotnya untuk Anda klik, yang memunculkan jendela yang meminta Anda untuk memilih di antara 2 versi.

Akhirnya, Google berencana untuk memperluas definisi interaktif yang biasanya ditemukan dalam ringkasan yang dihasilkan untuk topik pendidikan seperti sains, sejarah atau ekonomi untuk pengkodean dan pencarian terkait kesehatan juga.

BACA JUGA:

Pembaruan ini akan tiba bulan depan dan sekali lagi, untuk pengguna Bahasa Inggris di AS sebelum menyebar ke lebih banyak wilayah dalam beberapa bulan mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI