Diperluas, Microsoft Berencana Bawa Copilot AI ke Windows 10

Telset.id, JakartaMicrosoft diduga sedang berencana untuk membawa Copilot, asisten pribadi yang ditenagai oleh kecerdasan buatan atau AI generatif, kepada pengguna Windows 10.

Berdasarkan laporan Zac Bowden dari Windows Central dikatakan bahwa tombol Copilot dan sidebar yang hadir di sistem operasi Windows 11 akan segera tersedia juga di Windows 10.

Sebagai pengingar, asisten AI bernama Copilot untuk Windows 11 pertama kali diperkenalkan dalam versi beta pada bulan Agustus dan kemudian secara resmi dirilis pada bulan September.

BACA JUGA:

Keputusan ini diharapkan akan membantu meningkatkan jumlah pengguna Copilot secara signifikan, mengingat Windows 10 masih digunakan di sekitar satu miliar perangkat aktif setiap bulannya, sebagai perbandingan Windows 11, yang diluncurkan lebih dari dua tahun lalu, hanya digunakan di sekitar 400 juta perangkat aktif bulanan.

Selain itu, ini tidak hanya membawa manfaat bagi para penggunanya, tetapi keputusan ini juga dapat mendorong para pengembang aplikasi pihak ketiga untuk membuat plugin Copilot.

Dengan membuat Copilot tersedia di lebih banyak perangkat, Microsoft memiliki argumen lebih kuat untuk meyakinkan para pengembang agar membuat plugin untuk platform tersebut. Hal ini bisa memberikan dorongan positif untuk pengembangan ekosistem Copilot.

Namun, hingga saat ini, Microsoft belum memberikan tanggapan resmi terkait kehadiran Copilot di sistem operasi Windows 10 ini.

Selain membahas tentang Copilot, laporan dari Bowden juga mengungkapkan bahwa Microsoft sedang meninjau kembali strateginya terkait Windows 10. Perusahaan ini dikabarkan berencana untuk membawa fitur dan layanan baru tertentu yang sebelumnya hanya ada di Windows 11 ke dalam OS lama mereka.

Meskipun dukungan untuk Windows 10 dijadwalkan akan berakhir pada Oktober 2025, ada diskusi internal di Microsoft mengenai kemungkinan perpanjangan dukungan untuk OS tersebut.

BACA JUGA:

Keputusan perusahaan ini akan memberikan dampak besar bagi para pengguna Windows 10 yang berharap untuk terus menggunakan sistem operasi ini dalam jangka waktu yang lebih lama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI