Google Diam-diam Bikin Mesin Pencari Bertenaga AI

Telset.id, Jakarta – Google semakin berambisi untuk membuat teknologi AI yang canggih. Usai mengumumkan chatbot AI Bard, Google kabarnya sedang membuat mesin pencari yang didukung AI alias bertenaga AI.

Dikutip Telset dari Engadget pada Senin (17/04/2023), perusahaan sedang dalam tahap awal membuat layanan pencarian yang lebih personal ketika diakses oleh pengguna.

Proyek ini tidak memiliki jadwal yang jelas namun, menurut sumber anonim kode proyek ini bernama “Magi” dan menjadi proyek pembuatan mesin pencari seperti Google Search yang didukung oleh berbagai fitur berbasis AI.

Beberapa fitur yang dikembangkan adalah chatbot yang dapat menjawab pertanyaan rekayasa perangkat lunak dan menghasilkan cuplikan kode. Kemudian fitur yang memungkinkan orang mencari musik melalui percakapan chatbot.

BACA JUGA:

Lalu fitur Chrome yang dijuluki “Searchalong”. Fitur chatbot yang mampu memindai halaman web yang Anda baca untuk menawarkan informasi kontekstual. Misalnya, jika Anda sedang mencari tempat menginap di Airbnb di Jepang.

Anda dapat meminta chatbot untuk memberi tahu apa yang harus dilihat dan dilakukan di dekat akomodasi yang Anda rencanakan. Terakhir ada fitur dengan kode  GIFI dan Tivoli Tutor.

Kedua fitur ini memungkinkan pengguna meminta Google Image Search untuk menghasilkan gambar dan berkomunikasi dengan chatbot untuk mempelajari bahasa baru.

Menurut laporan dari The Times, perusahaan telah menugaskan lebih dari 160 karyawan untuk mengembangkan Google Search bertenaga AI ini. Lebih lanjut, Google dilaporkan berencana untuk mengumumkan Magi bulan depan dan tidak menutup kemungkinan akan diperkenalkan di ajang I/O 2023 .

Lalu perusahaan berencana untuk menawarkan fitur Magi kepada satu juta orang di Amerika Serikat sebelum memperluas ketersediaannya menjadi 30 juta pengguna pada akhir tahun.

BACA JUGA:

Menanggapi isu tersebut, juru bicara Google mengatakan kalau perusahaan sudah sejak lama menggunakan teknologi AI di berbagai produk. Akan tetapi, pihak tidak membenarkan atau membantah kalau sedang mengembangkan mesin pencari bertenaga AI.

“Kami sangat senang menghadirkan fitur baru yang didukung AI ke penelusuran, dan akan segera membagikan lebih banyak detail,” jelas Google. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI