Home NEWS INTERNET Google Edukasi Keluarga agar Bijak Mengakses Internet

Google Edukasi Keluarga agar Bijak Mengakses Internet

Telset.id, Jakarta-Google meluncurkan program Keluarga Tangkas Berinternet. Program tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada keluarga mengenai internet seperti keamanan berinternet serta cara berinternet dengan bijak.

Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia Putri Alam menjelaskan bahwa program Keluarga Tangkas Berinternet bersamaan dengan momen Hari Internet Aman Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Februari.

“Kami menyadari bahwa menumbuhkan kebiasaan digital yang sehat harus dibarengi dengan komitmen yang kuat, sehingga kami meluncurkan program Keluarga Tangkas Berinternet untuk keluarga Indonesia,” kata Putri.

{Baca juga: Bu Tejo dan Virus Corona Populer di Google Sepanjang 2020}

Melalui konferensi pers virtual pada Selasa (09/02/2021) Putri menjelaskan bahwa program Keluarga Tangkas Berinternet merupakan upaya Google untuk memenuhi kebutuhan keluarga di bidang literasi digital.

Melalui Keluarga Tangas Berinternet, Google ingin membantu orangtua dalam menghadapi tantangan digital dan aktivitas online di internet.

“Google tahu mengenai kebutuhan efektif dalam membantu orang tua terkait tantangan digital dan aktivitas online,” sambung Putri.

Kekhawatiran Digital Orangtua 

Kehadiran program ini tidak bisa terlepas dari hasil riset Google mengenai kekhawatiran digital terbesar orangtua khususnya di Indonesia.

Berdasarkan hasil riset tentang kekhawatiran digital terbesar orangtua hasilnya sekitar 42% orangtua menyebutkan ada tiga kekhawatiran digital terbesar khususnya bagi anak-anak.

Pertama orangtua khawatir mengenai keamanan informasi anak dan masalah umum mengenai kejahatan digital seperti scam dan peretasan yang kadang terjadi di internet.

{Baca juga: Google Sempat Down, Warganet Menjerit Tak Bisa Browsing}

“Orangtua semakin khawatir mengenai perlindungan digital anaknya khususnya perlindungan digital di internet,” tutur Putri.

Kedua, orangtua juga khawatir apakah anak-anak mereka menerima perhatian yang tidak diinginkan dari orang yang tidak dikenal. Ketiga orangtua juga khawatir apakah anak-anak mereka melihat konten yang tidak pantas di internet atau tidak.

“Orangtua khawatir mengenai konten apa saja yang dilihat anaknya di internet,” tambah Putri.

Program Keluarga Tangkas Berinternet 

Untuk membantu menyelesaikan kekhawatiran orangtua maka Google menghadirkan program Keluarga Tangkas Berinternet. Program ini berisi rangkaian webinar yang akan diselenggarakan mulai 20 Februari 2021 hingga Juni 2021.

Webinar akan dilakukan setiap hari sabtu pukul 14.00 WIB hingga 15.30 WIB. Topik yang dibahas dalam webinar tersebut seperti “Tangguh Berinternet,” kemudian “Cermat Berinternet,” dan lain sebagainya.

Pendaftaran peserta bisa melalui situs goo.gle/regtbpublik dan untuk program webinar ini Google Indonesia menggandeng Yayasan Semai Jiwa Amini (Sejiwa).

Menurut Pendiri Yayasan Sejiwa, Diena Haryana program webinar ini dapat diikuti oleh seluruh orangtua yang ingin memberikan perlindungan digital terhadap anak-anak mereka.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

“Bersama program Keluarga Tangkas Berinternet, kami akan membantu peran bapak ibu dalam memberikan perlindungan anak di ranah daring. Mari bapak ibu untuk bergabung ke acara yang akan dilaksanakan mulai Februari ini hinga Juni mendatang,” tutup Diena.

Kehadiran program Keluarga Tangkas Berinternet sepertinya merupakan bagian dari upaya Google agar masyarakat bisa menggunakan internet dengan lebih bijaksana. [NM/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version