telset

Google Sempat Down, Warganet Menjerit Tak Bisa Browsing

Telset.id, Jakarta – Google mengalami gangguan atau down pada Kamis (04/02/2021). Google down membuat warganet menjerit tidak bisa browsing dan mencari informasi di situs tersebut.

Gangguan pertama kali diumumkan oleh situs Down Detector pada Kamis (04/02/2021). Down Detector menerima hampir 988 laporan mengenai gangguan Google. Secara presentase 51% laporan berasal dari Google Search dan 48% gangguan di Log-in.

Masih melalui situs tersebut gangguna pada Google diduga terjadi pada pukul 13.59 WIB di beberapa wilayah seperti Jakarta, Surabaya, Singapura, Malaysia dan Amerika Serikat.

Google Down Tanggapan Warganet 

Kasus Google down sempat viral di Twitter. Berdasarkan pantauan Tim Telset dari Trends24 pada Kamis (04/02/2021) kata kunci “Google” berada di urutan ke-10 dengan 702 ribu tweet.

Google Down

Dari ratusan ribu tweet yang digaungkan mayoritas berisi jeritan warganet tentang gangguan pada Google. Misalnya saja akun @ziwchan yang kesal karena awalnya mengira bahwa jaringan internet sedang gangguan.

{Baca juga: Markas Google jadi Lokasi Klinik Vaksin Covid-19}

“Gue dah marah” jaringan jelek bgt buat browsing tp yang lain lancar ehh taunnya google emang lagi down hahaha kesel bgt,” jelas @ziwchan.

Kemudian ada juga akun @Fairydustt16 yang mengaku tidak bisa mencari informasi karena terjadi gangguan.

“Google down ya? Pantesan browsing dari tadi bisaaa,” sambung @Fairydustt16.

Pernyataan serupa juga dikatakan oleh aku @fauzansalah yang sepertinya tidak bisa login dan mencari informasi di situs asal Amerika Serikat tersebut.

“Ternyata emng tadi google nya down,” ucap @fauzansalah.

Sedangkan akun @Hwangys11 sempat mengira bahwa dirinya mendapat “azab” akibat tidak bisa mengakses Google.

“Google down kirain jaringan aku kena azab tadi,” tutur @Hwangys11.

Terakhir ada juga akun @zikrisyam10 yang justru menyindir prilaku warganet lain yang panik karena Google down.

“Beginilah klo udah ketergantungan sama Google, down dikit langsung panik,” tutup @zikrisyam.

Tim Telset kemudian mencoba untuk mengakses layanan Google seperti Google Search dan Gmail. Hasilnya kedua layanan tersebut sudah bisa beroperasi dengan normal.

YouTube Down 

Sebelumnya pada 22 Desember 2020 lalu layanan streaming video milik Google yakni YouTube tidak bisa diakses sama sekali. Sebagai pemberitahuan, YouTube hanya menulis pesan “ada masalah pada server”

Berdasarkan pantauan tim Telset.id, YouTube ternyata bukan satu-satunya layanan Google yang diketahui down malam ini. Pengguna juga tidak bisa menerima atau mengirim pesan melalui Gmail. Pun demikian mengakses Google Docs.

YouTube down sekitar pukul 18.45 dan sontak memicu kegelisahan banyak netizen. Semua mengeluhkan kejadian ini.

{Baca juga: YouTube Down Lagi, Twitter Banjir Tagar #YouTubeDOWN}

Menurut situs downdetector, hampir semua layanan Google tampaknya terpengaruh. Ini termasuk Google Drive, Hangouts, Meet, dan Play. Untungnya gangguan tidak berlangsung lama dan layanan bisa diakses dengan normal.

Namun gangguan kembali terjadi hari ini dan sempat membuat warganet panik atas gangguan pada layanan Google. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0