telset

4 Hal yang Diharapkan dan Paling Ditunggu di Google I/O 2021

Telset.id, Jakarta – Google I/O 2021 akan segera dimulai pada 18-20 Mei 2021. Konferensi kali ini akan digelar secara online, setelah acara tahun lalu dibatalkan karena pandemi virus corona.

Walaupun sebenarnya acara ini ditujukan bagi para pengembang yang membuat aplikasi dan hal-hal baru menggunakan teknologi dari Google, namun berbagai pengumuman yang ada juga menjadi sajian menarik di acara ini.

Developer yang mendaftar untuk acara tersebut akan dapat menonton sesi langsung dan menghadiri lokakarya secara virtual. Akan ada sesi khusus tentang topik seperti Android, Google Play, Progressive Web Apps, Google Assistant, Chrome OS, Google Pay, ARCore, Desain Material, dan smart home.

Hal yang Diharapkan di Google I/O 2021

Seperti yang sudah-sudah, Google tidak membocorkan apapun terkait gelaran Google I/O 2021. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa kita harapkan bakal diumumkan di Google I/O 2021. Ada apa saja?

Android 12

google io 2021
Android 12

Android 12 akan menjadi pengumuman besar di konferensi developer Google tahun ini. Google juga telah merilis tiga developer preview dari sistem operasi Android terbaru ini.

Dari beberapa informasi yang beredar, Android 12 akan hadir dengan panel notifikasi yang didesain ulang dan widget berisi percakapan yang ada di home screen. Android terbaru ini diharapkan juga akan mendukung format gambar AVIF.

{Baca Juga: Jelang Peluncuran, Fitur dan Desain Android 12 Terungkap Jelas}

Google juga diharapkan dapat meningkatkan privasi di Android 12 dan menyertakan fitur hibernasi aplikasi untuk menawarkan penyimpanan yang lebih optimal.

Selanjutnya, Google dapat mengaktifkan Google Assistant agar bisa dipanggil menggunakan tombol daya di ponsel Android. Ini serupa dengan bagaimana pengguna iPhone pada model baru dapat mengaktifkan Siri.

Google Assistant yang Ditingkatkan

google i o 2021
Google Assistant

Google Assistant juga kemungkinan akan menerima beberapa pembaruan besar yang diharapkan akan diumumkan pada acara Google I/O tahun ini. Google telah menginformasikan di blog pengembangnya bahwa beberapa “pengumuman produk baru” dan “pembaruan fitur” akan hadir di acara tersebut.

{Baca Juga: Google Assistant Paling Pintar, Alexa dan Siri “Kurang Terlatih”}

Selain itu, Google Assistant kemungkinan akan menerima beberapa fitur yang secara khusus ditujukan untuk meningkatkan pengalaman pada penggunaan smart home. Namun, Google tidak diharapkan untuk mengumumkan produk rumah pintar baru di acara tersebut. [HR/HBS]

Wear OS Baru

google i o 2021
WearOS

Google I/O tahun ini juga diharapkan memiliki beberapa fitur baru untuk Wear OS yang sebelumnya bernama Android Wear.

Perubahan tersebut dapat dirancang untuk bersaing Apple WatchOS dan mungkin termasuk beberapa perlakuan khusus untuk fitur terkait kebugaran.

{Baca Juga: 6 Fitur Terbaru Android, dari Dark Mode Sampai Cek Password}

Google sudah memiliki Fitbit yang dapat membantu meningkatkan Wear OS dengan fitur kebugaran baru. Perubahan tersebut juga dapat memberi ruang bagi jam tangan pintar internal Google yang disebut Pixel Watch dan mengusung desain premium untuk digunakan di Apple Watch.

Selain itu, Samsung juga disebut akan meninggalkan sistem operasi Tizen dan mengungkap wujud jam tangan pintar berbasis OS Wear yang dapat diumumkan pada acara Google I/O 2021.

Pengumuman Perangkat Terbaru

google
Pixel Buds A-series

Google biasanya tidak mengumumkan peluncuran perangkat di acara I/O. Namun ada kemungkinan tahun ini mereka akan mengungkapkan perangkat TWS Pixel Buds A-series dan smartphone Pixel 5a.

{Baca Juga: Google Tak Sengaja Bocorkan Fitur dan Desain Pixel Buds A}

Detail tentang Pixel Buds A series tidak sengaja bocor oleh Google pada awal bulan ini. Demikian dengan Pixel 5a yang disebut akan memulai debut pada bulan Agustus. Tetapi bukan tidak mungkin Google akan membahas calon smartphone barunya di acara ini. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0