Jelang Peluncuran, Fitur dan Desain Android 12 Terungkap Jelas

Telset.id, Jakarta – Google sudah lama dikabarkan sedang mempersiapkan sistem operasi Android 12. Baru-baru ini, muncul bocoran dari penerus Android 11 tersebut yang menunjukkan beberapa rancangan desain dari sistem operasi ini.

Bocoran tersebut disebar oleh YouTuber bernama Jon Prosser. Ia membagikan video dan gambar promo dari sistem operasi terbaru menjelang debutnya di Google I/O minggu depan.

Sistem operasi ini menampilkan antarmuka pengguna yang telah dirancang ulang oleh Google. Raksasa pencarian ini telah mendesain ulang seperti keyboard, ikon aplikasi, sampai UI aplikasi sistem yang tampilannya akan menyesuaikan tema yang dipilh pengguna.

Fitur Quick Settings atau pengaturan cepat dan kontrol volume yang tampil dilayar juga diperbarui tampilannya oleh Google.

{Baca juga: Desain Android 12 Bocor, Bar Notifikasi Lebih Segar}

Dilansir Telset dari phoneArena, Senin (17/5/2021), Android 12 juga memiliki berbagai widget baru yang juga mendukung tema. Animasi atau transisi pada layar pun tak luput dari pembaruan. Jon Prosser mengatakan, sistem operasi ini akan tampil lebih smooth dan lancar dari sebelumnya.

YouTuber ini pun menampilkan fitur dan desain lainnya pada Android 12. Sistem operasi ini bakal memungkinkan pengguna untuk mengatur notifikasi grup. Terdapat juga penyesuaian ukuran pad kalkulator di dalam aplikasi sistem.

Fitur Android 12 Lainnya

Fitur Desain Android 12

Pada Google I/O yang diadakan minggu depan, raksasa internet tersebut bakal mempersiapkan Android 12 sebagai sistem operasi dengan pengalaman terbaik. OS ini pun menawarkan privasi dan perlindungan keamanan yang lebih kuat dari sebelumnya.

Melalui pembaruan OS ini, Google mungkin mulai mendorong ekosistem Android yang lebih aktif lagi. Pasalnya, adalam slide promo yang diungkap oleh Jon Prosser, Google mengatakan bahwa semua perangkat akan terintegrasi dengan baik.

Fitur lainnya, Google akan menambahkan fitur pemicu Assistant yang baru. Misalnya, mengetuk dua kali di bodi belakang untuk mengaktifkan Google Assistant.

Tak cukup ponsel saja, suksesor Android 11 di tablet juga memiliki pembaruan yang banyak. Sistem operasi ini diharapkan menawarkan multitasking yang lebih baik dari sebelumnya.

{Baca juga: Fitur Android 12 Terungkap di AOSP, Ada “Sistem Hibernasi”}

Ungkap Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

Fitur Desain Android 12

Masih dari video yang sama, di bagian akhir terlihat sekilas tentang ponsel Google terbaru yang akan diluncurkan tahun ini. Smartphone yang diprediksi sebagai Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro ini mengusung layar dengan punch-hole di bagian tengah atasnya.

Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro sendiri mungkin akan diperkenalkan di akhir tahun ini. Bisa dipastikan, smartphone tersebut juga menjadi ponsel pintar pertama di dunia dengan sistem operasi Android 12. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -