Google Arsipkan Aplikasi di HP Android yang Jarang Dipakai

Telset.id, Jakarta – Google menghadirkan fitur baru yang sangat berguna bagi pengguna smartphone Android, yakni fitur arsipkan aplikasi Android otomatis. Fitur yang memungkinkan aplikasi untuk mengarsipkan aplikasi yang jarang dipakai di smartphone.

Dikutip Telset dari Engadget pada Rabu (12/04/2023), fitur ini sebelumnya telah diuji coba beberapa tahun yang lalu, dan akhirnya rilis tahun ini. Cara kerja fitur pengarsipan otomatis akan menghapus beberapa  aplikasi Android yang jarang dipakai pengguna.

Meski begitu, fitur pengarsipan aplikasi Android ini tidak akan menghapus data pribadi pengguna di aplikasi tersebut. Kemudian apabila ingin mengunduhnya kembali, pengguna tinggal buka Play Store lalu cari aplikasi yang ingin diunduh ulang tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Google mengklaim kalau fitur tersebut bisa membuat memori aplikasi menjadi 60% lebih lega. Anda akan mendapatkan opsi pengarsipan otomatis jika mencoba memasang aplikasi ketika perangkat smartphone tidak memiliki sisa penyimpanan yang cukup.

BACA JUGA:

Nantinya Google akan otomatis mengarsipkan aplikasi yang jarang dipakai, agar memori cukup untuk menyimpan aplikasi lain. Anda bisa mengunjungi pengaturan aplikasi, dan akan muncul informasi mengenai beberapa aplikasi yang jarang dipakai.

Sementara bagi pengembang, mereka harus merilis aplikasi mereka menggunakan format App Bundle agar fitur pengarsipan otomatis berfungsi.

Google menambahkan bahwa ini dapat membantu pengembang. Sebab kalau pengguna dapat arsipkan aplikasi Android secara otomatis, kecil kemungkinan mereka akan mencopot pemasangan aplikasi tersebut sepenuhnya.

Apalagi pengembang aplikasi mungkin lebih cenderung mempertahankan pengguna, meskipun pelanggan tersebut jarang mengaksesnya. Walaupun menarik, sebenarnya fitur arsip aplikasi Android sudah diterapkan Apple di iOS sejak tahun 2017 tepatnya ketika merilis iOS 11.

BACA JUGA:

Hanya saja terlepas dari kesamaan fitur dengan Apple, arsip aplikasi Android sangat membantu HP kentang alias HP model kelas bawah. HP yang kerap kali kesulitan mengunduh banyak aplikasi, karena kapasitas RAM dan memori yang rendah. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI