9 Fitur Baru di Android, Ada Fitur Anti Bising Saat Meeting

Telset.id, Jakarta – Google juga turut meramaikan acara Mobile World Congress 2023 (MWC), di Barcelona. Google memperkenalkan beberapa fitur baru yang ada di Android dan Wear OS di MWC 2023.

Dikutip Telset dari Android Authority pada Rabu (01/03/2023), fitur-fitur baru telah meningkatkan konektivitas serta aksesibilitas untuk perangkat yang didukung Android dan Wear OS.

Sekitar setengah dari fitur ini diluncurkan pada tanggal 27 Februari 2023. Akan tetapi separuh lainnya akan datang pada tanggal yang dirahasiakan. Lihat ringkasan dari apa yang diharapkan di bawah ini.

BACA JUGA: 

9 Fitur Baru Android dan Wear OS 

Total ada 9 fitur baru yang Google Android dan Wear OS yang diumumkan pada MWC 2023. Pada nomor 1-4 adalah fitur yang sudah dirilis sejak 27 Februari 2023. Sisanya belum diketahui kapan hadir di smartphone dan smartwatch pengguna.

1. Zoom Halaman Chrome di Android 

Zoom di Google Chrome

Sebelumnya, jika pengguna melakukan pinch-to-zoom atau memperbesar halaman dengan cara mencubit layar ke luar, maka otomatis  akan memperbesar seluruh halaman. Namun, sejak beberapa hari lalu di Chrome Beta pengguna dapat melakukan pinch-to-zoom dan hanya memperbesar bagian tertentu saja yang ingin dilihat.

Misalnya teks, gambar, video, dan kontrol tanpa harus memperbesar seluruh halaman. Fitur ini berfungsi hingga 300% zoom, dan pengguna dapat menyetel tingkat zoom default di Chrome untuk Android, sehingga perlu mencubit layar setiap saat ketika ingin memperbesar objek tertentu di halaman.

2. Fitur Noise Cancellation di Google Meet 

Fitur ini secara teknis sudah ada di ponsel dan tablet tertentu, tetapi sekarang akan tersedia di lebih banyak lagi. Pada dasarnya, fitur peredam bising ini memfilter kebisingan latar belakang saat pengguna berbicara.

Jadi fitur Google Android dan Wear OS yang diperkenalkan di MWC 2023 ini cocok untuk orang yang melakukan rapat di tempat yang ramai seperti kedai kopi dan bandara.

3. Anotasi PDF Gratis di Drive

Dengan fitur Android terbaru ini, pengguna bisa menulis catatan di PDF menggunakan jari atau stylus langsung di dalam aplikasi Google Drive, sehingga lebih praktis.

Pengguna juga dapat menyorot teks untuk memastikannya menonjol saat mereka atau kolega membacanya.

4. Emoji Kitchen 

Tidak ketinggalan fitur Emoji Kitchen. Fitur ini hadir di Gboard, yang bisa dipakai pengguna untuk menggabungkan 2 emoji yang berbeda menjadi emoji baru yang lebih menarik.

5. Sambungan Cepat dari Earbud ke Chromebook

Fitur Baru Google Android MWC 2023

Sesuai namanya, fitur buatan Google ini mampu menyambungkan koneksi Bluetooth earbud dengan Google Chromebook hanya dengan satu ketukan.

Bahkan pengguna tidak perlu lagi melakukan pengaturan ulang, apabila earbud sebelumnya sudah terpasang di HP Android. Sebab, earbud akan otomatis terhubung dengan Chromebook apabila fitur sambungan cepat ini diaktifkan.

6. Widget Single Note di Google Keep

Widget baru ini memudahkan pengguna untuk mengelola catatan. Tampilannya lebih minimalis, tetapi mampu memberikan informasi yang lengkap seputar catatan yang dibuat di Google Keep.

7. Animasi di Google Wallet 

Animasi akan muncul usai pengguna melakukan pembayaran di Wallet. Saat mereka berhasil ketuk untuk membayar dengan ponsel Android menggunakan Google Wallet, akan terlihat animasi yang mengonfirmasi transaksi.

Google tidak jelas tentang bentuk animasi yang tampil, tetapi diharapkan animasinya berupa hewan yang lucu.

8. Mengakses Note di Smartwatch

Google MWC 2023 Wear OS

Pengguna smartwatch yang didukung Wear OS, akan mendapatkan kemampuan untuk melihat note atau catatan dari jam pintar. Selain itu mereka bisa juga mengakses beberapa fitur-fitur lainnya yang ada di Google Keep. Kabarnya fitur ini akan hadir di smartwatch yang menggunakan Wear OS 3+.

BACA JUGA: 

9. Mode Suara dan Tampilan Baru di Wear OS 

Fitur Wear OS 3+ baru ini akan meningkatkan aksesibilitas pada jam tangan. Pengguna smartwatch  dapat memiliki audio mono sebagai pengganti stereo dan menggunakan koreksi warna dan mode tampilan skala abu-abu.

Oke itu tadi informasi seputar fitur baru Android dan Wear OS yang Google umumkan di MWC 2023. Kira-kira mana fitur favorit kalian sobat Telset? [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI