Jaga Privasi Pengguna, Facebook Hilangkan Informasi Agama dan Politik

Telset.id, Jakarta – Dalam beberapa minggu ke depan informasi dari profil akan tampil lebih sedikit dibanding sebelumnya. Meta akan menghilangkan informasi seputar agama, pandangan politik, orientasi seksual, dan alamat dari profil pengguna Facebook per 1 Desember 2022.

Seorang juru bicara dari Facebook mengatakan kepada TechCrunch alasan penghapusan kolom ini dimaksudkan agar Facebook menjadi lebih mudah digunakan oleh para penggunanya.

“Sebagai bagian dari upaya kami untuk membuat Facebook lebih mudah dinavigasi dan digunakan, kami menghapus beberapa bidang profil: Tertarik, Pandangan Keagamaan, Pandangan Politik, dan Alamat,” kata juru bicara  Facebook kepada TechCrunch.

BACA JUGA:

Matt Navara sebagai konsultan dari Facebook juga mengkonfirmasi langsung penghapusan beberapa informasi dari profil pengguna lewat akun Twitter pribadinya.

Jika Anda telah mengisi salah satu kolom ini, Anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang perubahan tersebut. Sementara itu, detail lain yang Anda berikan, seperti informasi kontak dan status hubungan, akan tetap ada.

Para pengguna memiliki kesempatan untuk mengunduh salinan data Facebook mereka sebelum tanggal 1 Desember 2022 jika ingin menyimpannya.

Walau begitu, pengguna juga masih memiliki kendali atas siapa yang dapat melihat kolom di profil yang tersisa.

Memang langkah Facebook menghilangkan informasi agama, pandangan politik, orientasi seksual dan alamat tidak ada dampak yang signifikan selain membuat tampilan info profil semakin praktis.

Namun keputusan Facebook ini mencerminkan pendukungan dalam meningkatkan privasi untuk para penggunanya.

BACA JUGA:

Beberapa informasi di profil pengguna mengenai agama, pandangan politik, orientasi seksual dan alamat yang akan dihapus ini sudah tersedia di Facebook sejak awal media sosial ini dirilis.

Berbeda dengan awal Facebook dirilis kini privasi adalah hal penting yang menjadi perhatian bagi semua orang.

Peningkatan privasi juga telah menjadi fokus bagi Meta dalam beberapa tahun terakhi, mereka sangat fokus menjaga keamanan dari obrolan pribadi pengguna. Selain itu, dengan penghapusan informasi ini adalah bentuk dari pencegahan para penguntit dan pelaku pelecahan dalam dunia online. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0