Segera Diperkenalkan di WWDC 2023, Ini Bocoran Fitur iOS 17

Telset.id, Jakarta – Apple akhirnya mengumumkan tanggal resmi untuk WorldWide Developer Conference atau WWDC 2023, yang akan digelar secara online dan offline pada 5 – 9 Juni 2023. Kemungkinkan iOS 17 akan resmi diperkenalkan di acara tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang WWDC selalu dijadikan Apple untuk memperkenalkan iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dan tvOS terbaru ke publik. Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau iOS 17 masuk dalam daftar yang akan diumumkan.

“WWDC23 akan menjadi yang terbesar dan paling menarik bagi kami, dan kami tidak sabar untuk melihat banyak dari Anda online dan secara langsung di acara yang sangat istimewa ini,” kata wakil presiden Apple untuk hubungan pengembang, Susan Prescott.

Namun menjelang peluncurannya di WWDC 2023, sudah beredar mengenai pembaruan atau fitur apa saja yang akan hadir di iOS 17.

BACA JUGA:

Bocoran Fitur yang Hadir di iOS 17 

Tim Telset sudah mengumpulkan beberapa informasi, dan berikut ini bocoran fitur yang akan hadir di iOS 17 dan:

1. Mendukung Headset AR 

Sebelumnya beredar kabar kalau Apple sedang mengembangkan headset dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang dapat terhubung dengan beberapa perangkat Apple.

Headset AR Apple

Walaupun rumor ini belum jelas, tetapi sudah beredar kabar kalau nantinya iOS 17 akan mendukung headset tersebut.

2. Pembaruan CarPlay 

Pada Worldwide Developers Conference 2022, Apple memberikan pratinjau pengalaman CarPlay terbaru yang terintegrasi lebih dalam dengan kendaraan, serta memungkinkan pengguna mengatur volume dan radio melalui CarPlay.

Apple iOS 17 CarPlay

Diprediksi sama seperti tahun sebelumnya, Apple akan memperkenalkan iOS 17 dengan tambahan berupa pembaruan di fitur CarPlay. Kemungkinan Apple menambahkan widget dan dukungan untuk banyak tampilan di CarPlay versi iOS 17.

3. Dukungan untuk Sideloading dan App Store Alternatif

SideLoading App Store

Undang-undang Eropa mengharuskan Apple untuk mengizinkan sideloading mulai tahun 2024, dan Apple berencana untuk membuat perubahan mulai dari iOS 17. Sideloading adalah proses pendistribusian aplikasi di luar App Store.

Artinya pelanggan di Eropa mungkin dapat mengunduh aplikasi tanpa menggunakan App Store. Dengan begitu pengembang tidak perlu membayar biaya Apple 15 hingga 30% kepada Apple, seperti yang mereka lakukan ketika menawarkan aplikasi di App Store.

Perubahan kebijakan sideloading akan terbatas pada pelanggan di Uni Eropa, tetapi karena negara lain mengeluarkan undang-undang yang mirip dengan Undang-Undang Pasar Digital di Eropa, Apple dapat memperluas fungsionalitasnya.

4. Menghilangkan Persyaratan WebKit

Seiring dengan mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga, Apple di iOS 17 dapat mengizinkan browser pihak ketiga untuk menggunakan mesin mereka sendiri dengan menghilangkan persyaratan WebKit.

Saat ini, browser pihak ketiga seperti Chrome dan Firefox harus dibuat dengan mesin browser open source Apple WebKit di perangkat iOS sesuai aturan Apple. Hanya saja, ketika Undang-Undang Pasar Digital Eropa diresmikan Undang-undang melarang Apple memaksa browser untuk menggunakan WebKit.

Alhasil peraturan mengenai webkit bagi aplikasi browser dihapus. Aturan ini hanya berlaku di Eropa saja dan belum jelas apakah persyaratan WebKit akan dicabut di seluruh dunia atau tidak.

BACA JUGA:

5. Perubahan Aturan Uji Coba OS Beta 

Apple mengubah cara penginstalan developer dan beta publik di iPhone dan iPad. Profil akun tidak lagi digunakan untuk menginstal pembaruan, dengan Apple sebagai gantinya dengan Apple ID.

Bagi pengembang yang ingin memasang OS beta, maka membutuhkan Apple ID yang ditautkan ke akun pengembang atau akun yang telah didaftarkan untuk beta publik.

Langkah ini akan mencegah non pengembang untuk dapat memasang iOS 17 beta melalui profil pengembang bersama. Sebab setiap pemasangan akan diautentikasi melalui Apple ID yang terkait dengan akun pengembang.

Semua tersebut masih sebatas rumor belaka sehingga belum bisa dipastikan kebenarannya. Mari kita tunggu di informasi resmi dari Apple di ajang WWDC pada awal Juni 2023 nanti. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI