Blibli Gelar Kelas Kewirausahaan untuk Digitalisasi UMKM

Telset.id, Jakarta – Bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Blibli menggelar Kelas Kewirausahaan Sosial atau Kelas “Social E-compreneur” demi mendorong digitalisasi UMKM di Indonesia.

Adapun tujuan dari program yang juga merupakan inisiatif dari Kementerian Sekretariat Negara ini adalah untuk menghasilkan generasi muda yang dapat memberikan kontribusi langsung terhadap pengembangan dan digitalisasi UMKM sebagai pendorong ekonomi nasional.

Diungkapkan Sr. Manager Merchant Activation & Engagement Blibli, Aji Hogantara, partisipasi Blibli dalam program ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan digitalisasi UMKM Indonesia.

{Baca juga: Dukung Gernas BBI, Blibli Rilis Laman #BeliKreatifDanauToba}

“Kami melihat begitu besarnya kesempatan yang dapat diraih oleh pelaku UMKM ketika memanfaatkan platform online. Pandangan inilah yang mendorong kami untuk terus mendukung program Gernas BBI sejak tahun lalu,” kata Aji.

Aji berharap melalui Kelas Kewirausahaan Sosial UGM ini, peserta bisa lebih memahami mengenai kewirausahaan serta lanskap e-commerce, yang nantinya akan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

“Dengan mempersiapkan generasi muda dengan sejumlah skill di Kelas Kewirausahaan Sosial UGM ini, harapannya semakin banyak sumber daya yang dapat mengakselerasi digitalisasi para pelaku UMKM di Indonesia,” tambah Aji Hogantara.

Kelas Kewirausahaan Sosial 

Terdiri dari 13 sesi yang diisi oleh para tenaga ahli dari Blibli, Kelas Kewirausahaan Sosial ini sejatinya telah dilangsungkan sejak Februari 2021. Adapun pokok pembahasan adalah seputar topik tentang pemanfaatan ekosistem e-commerce untuk UMKM Indonesia yang disajikan dengan metode student-based learning, project based learning, dan fun learning.

Beberapa topik diantaranya adalah analisa tren, manajemen produk, pemasaran media sosial dan digital, serta optimalisasi sistem e-commerce dalam pengembangan usaha.

Peserta yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai universitas dan umum ini akan mengajukan proposal proyek di akhir program, dengan memanfaatkan aplikasi ilmu yang disampaikan sepanjang sesi kelas “Social E-compreneur”.

Baca Juga: Blibli Gelar Mom & Kids Fair

Kelas Kewirausahaan Sosial Blibli UGM

Peserta yang terpilih akan berkesempatan untuk menjadi Kakak Asuh, program kolaborasi Blibli dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI dan Smesco yang bertujuan membantu UMKM atau Adik Asuh untuk naik kelas melalui platform digital.

Program Kakak Asuh UMKM ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang mendorong percepatan digitalisasi UMKM.

Selain partisipasi dalam Kelas Kewirausahaan Sosial ini, Blibli telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk mendukung pemberdayaan UMKM. Mulai dari kategori khusus kurasi produk Galeri Indonesia yang saat ini mencakup lebih dari 75 ribu pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia, hingga pusat edukasi bagi seller, termasuk para pelaku UMKM, bernama Blibli University.

{Baca juga: Aktor Drakor Park Seo Jun Jadi Brand Ambassador International Blibli}

Blibli akan terus menghadirkan inovasi dan layanan terbaik sebagai wujud nyata komitmen strategi bisnis perusahaan, yaitu Customer Satisfaction First, melalui fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care. #KarenaKamuNo1. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI