Indosat Test Jaringan di KRL Jabodetabek

Indosat test jaringan di KRL JabotabekJAKARTA –  Setelah menyelesaikan program modernisasi jaringannya di wilayah Jabodetabek, Indosat hari ini melakukan uji coba jaringan (network drive test) di sepanjang jalur kereta antara Jakarta – Bekasi.

Indosat memilih jalur kereta tersebut untuk uji coba jaringan, karena kereta merupakan salah satu moda transportasi utama di Jakarta yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar Jabodetabek.

“Transportasi kereta merupakan salah satu jalur utama mobilitas masyarakat Jakarta, dimana masyarakat pengguna transportasi ini pasti membutuhkan kualitas komunikasi yang handal yang bisa mereka manfaatkan sepanjang perjalanan,” kata John M. Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat dalam keterangannya, Senin (16/2/2015).

Indosat telah menyelesaikan program modernisasi jaringan di 23 kota di seluruh Indonesia. Menggunakan teknologi U900 dan DC-HSPA+, Indosat mengklaim mampu menghadirkan kecepatan hingga 42 Mbps, yang akan memberikan kualitas sinyal yang lebih baik di indoor maupun outdoor.

Dalam drive test yang dilakukan di sepanjang jalur kereta Jakarta-Bekasi, menunjukkan hasil kecepatan maksimal mencapai 23,3 Mbps. Uji coba jaringan dilakukan dengan melakukan download dan upload file, serta live streaming Youtube.

Kecepatan download rata-rata berhasil dicapai 9,23 Mbps melalui live streaming Youtube yang berhasil dilakukan tanpa adanya buffering. Pengujian kualitas suara juga dilakukan saat drive test dengan mencoba fitur HD Voice.

Fitur HD Voice memungkinkan pelanggan Indosat mendapatkan pengalaman menikmati kualitas layanan suara yang lebih jernih, jelas dan seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan dengan memanfaatkan layanan Indosat.

Fitur Voice HD sendiri merupakan fitur untuk meningkatkan kualitas suara menjadi lebih jernih, dengan mengaktifkan AMR WB (Adaptive Multi Rate Wideband) yang memungkinan penggunaan frekuensi untuk aplikasi voice dari maksimum 3400 Hz menjadi duakali lipat yaitu  7000 Hz.

Fitur HD Voice dapat dinikmati oleh pelanggan Indosat, selama pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat, serta menggunakan handset yang telah mensupport fitur HD Voice, baik handset dari pembuat panggilan maupun penerima panggilan.

Hampir sebagian besar smartphone yang diluncurkan sejak kuartal 3 tahun 2012 lalu telah mendukung fitur HD Voice ini.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI