Apa Fungsi Dual Camera di Smartphone?

Telset.id – Smartphone dengan fungsi dual camera sekarang sedang menjadi trend. Berbagai brand berlomba-lomba untuk me-release produk smartphone mereka dengan kamera ganda. Kamera ganda ini bisa disematkan sebagai kamera utama di bagian belakang, atau sebagai kamera selfie di bagian depan.  Para pengguna smartphone seakan-akan digiring untuk berasumsi kalau smartphone dengan kamera ganda adalah trend kekinian, dan kamera ganda lebih baik dari kamera yang hanya memiliki satu lensa.

Sebenarnya apa fungsi dual camera pada smartphone, dan kelebihan apa yang ditawarkan akan kita bahas lebih dalam di sini.

Pada dasarnya, kamera pada smartphone memang semakin lama dituntut penggunanya untuk semakin hebat, bahkan kualitas kamera smartphone sampai sekarang tetap menjadi faktor utama orang memilih sebuah smartphone. Makanya banyak brand berlomba-lomba menyatakan diri sebagai pembuat smartphone dengan kamera yang hebat. Meski begitu, keterbatasan ukuran, ruang, dan bentuk smartphone, membuat kamera pada smartphone sulit untuk menyamai kamera profesional seperti DSLR.

Walau banyak brand yang terkadang terlalu berani menyebut kamera smartphone mereka mengungguli DSLR, namun sejatinya kamera smartphone dan teknologinya berkembang cukup jauh saat ini untuk menghasilkan gambar-gambar yang bisa dikatakan sudah mencapai taraf sangat bagus. Keterbatasan ukuran lensa, besar sensor kamera, dan jarak antar lensa ke sensor, membuat para pengembang smartphone mencari cara lain untuk meningkatkan hasilnya, salah satunya dengan menggunakan dual camera.

Ada 3 macam konfigurasi dual camera yang saat ini digunakan berbagai brand smartphone, yang masing-masing berbeda fungsinya. Jadi para calon pengguna dual camera sebaiknya tidak asal membeli, dan menganggap semua dual camera sama kegunaannya. Oleh sebab itu, pengguna sebaiknya memperhatikan fungsi yang diberikan, apakah sesuai dengan apa yang kita cari dari dual camera yang disematkan pada sebuah smartphone.

Konfigurasi Mono dan RGB sensor

Dual camera dengan konfigurasi ini menggunakan satu lensa dengan sensor monokrom dan satu lensa standar dengan sensor berwarna atau sering disebut RGB. Lensa dengan sensor monokrom ini akan menangkap gambar (cahaya) hanya dengan hasil foto berwarna hitam-putih.

Sensor monokrom ini mengkhususkan diri menangkap intensitas cahaya yang diterima sensor, sebagai seberapa gelap dan seberapa terang, tidak dipusingkan dengan urusan filter apakah cahaya yang masuk ini berwarna apa. Dengan cara ini, gambar yang ditangkap walau hanya hitam putih tetapi akan memiliki kontras dan detail yang lebih tinggi. Kamera satunya lagi dengan sensor RGB, bekerja seperti kamera standar pada smartphone, menangkap gambar yang berwarna.

Saat tombol shutter ditekan, kedua lensa dan sensor ini sekaligus mengambil dua gambar yang sama, kemudian gambar hitam putih yang kaya akan detail dan kontras digabungkan dengan gambar berwarna. Hasil penggabungan ini diharapkan menjadi foto berwarna dengan gambar yang tajam dan kontras yang tinggi, baik untuk foto saat kondisi terang, maupun foto saat kondisi lebih minim cahaya.

Selain berguna untuk menghasilkan foto berwarna yang lebih tajam, lensa dan sensor monokrom juga bisa digunakan terpisah untuk menghasilkan foto hitam putih saja. Salah satu kamera smartphone yang menggunakan konfigurasi dual camera ini adalah Huawei, seperti pada seri P9 atau P10.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here