Google Bikin Kompetisi ke Bulan

Google Lunar Xprize ilustrasiJAKARTA – Google Lunar Xprize merupakan kompetisi dengan ‘ide gila’ untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa ke bulan. dan kapal ini harus dapat berjalan hingga 500 meter dan melakukan transmisi baik video high definition, serta imajiner kembali ke bumi tepat ketika menginjak bulan.

Google mencari lima pemenang dalam kompetisi Google Lunar Xprize, dan menjanjikan hadiah masing-masing USD 5,25 juta, artinya akan ada total hadiah sekitar USD 30 juta dalam kompetisi ini.

Hadiah tersebut merupakan rangkaian dari interim Milestone Prizes, yang memberikan hadiah per kategori unik, yakni kategori Landing (pendaratan di bulan), kategori mobilitas (berjalan 500 meter) dan imaging (imajiner kembali ke bumi).

Dikutip telsetNews dari TechCrunch, Selasa (27/1/2015), sebelumnya terdapat tiga negara yang mampu berkompetisi dalam hal balapan menuju ruang angkasa sejak pendaratan tanpa awak di 1959. Perkembangan teknologi sudah mereduksi ongkos perjalanan ke bulan dari miliaran dolar menjadi hanya jutaan dolar.

Team Indus, salah satu peserta yang berasal dari Bangalore, India, bakal berkompetisi dengan Moon Express yang didanai oleh seorang milyuner. Dua tim ini sudah menerima USD 1 juta dalam kategori Milestone Prizes. [AI/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI