Google Beberkan Kelemahan Windows 8.1

Windows 8.1JAKARTA – Google mengungkap kelemahan celah keamanan atau bug di dalam sistem Windows 8.1. Menariknya, selain melaporkan pada Microsoft, ternyata kelemahan ini juga dibeberkan Google ke publik.

Lewat Project Zero yang dijalankannya, Google mengungkapkan bahwa bug yang mereka temukan ini dapat berakibat cukup fatal, karena bisa membuat pengguna dengan akses level bawah bisa menjadi level administrator pada komputer manapun yang menggunakan Windows 8.1. Dengan begitu, pengguna tersebut bisa mengakses berbagai data sensitif pada sistem.

Google, seperti dikutip telsetNews dari Engadget, Senin (5/12/2015), ternyata tidak hanya melaporkan bug ini pada Microsoft, tapi juga mempublikasikan celah keamanan di Windows 8.1 itu. Bahkan Google memberikan sejumlah kode yang dapat digunakan untuk membobolnya.

Melihat aksi Google itu, Microsoft langsung bergerak cepat mencari solusi masalah tersebut. Meski masih belum memperbaiki bug tersebut, namun raksasa software itu menyatakan bahwa peretas harus tetap memiliki data-data logon yang valid untuk bisa masuk ke dalam sistem yang mereka sasar.

Pihak Microsoft menerangkan bahwa cara tersebut dapat meminimalisir kerusakan, walaupun sebenarnya masih ada kemungkinan fatal akibat bug di Windows 8.1 itu.

“Saat ini kami sedang mengerjakan update keamanan untuk mengatasi masalah perubahan hak akses tersebut,” tulis penjelasan Microsoft dalam pernyataan resminya.

Google mengklaim telah melaporkan masalah bug ini kepada Microsoft pada tanggal 30 September 2014. Saat itu Google menyatakan telah memberikan jangka waktu 90 hari untuk memperbaiki celah keamanan tersebut.

Sayangnya ‘peringatan’ itu kurang digubris hingga tenggat waktu yang diberikan lewat. Dan akhirnya raksasa mesin pencarian itu memutuskan untuk mempublikasikan masalah bug di Windows 8.1 itu.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0