Google akan Investasi Senilai Rp 145 Triliun di India

Google Investasi di India

Telset.id, Jakarta  – Google akan menggelontorkan USD 10 miliar atau sekitar Rp 145 triliun untuk berinvestasi di India selama lima hingga tujuh tahun ke depan. Dana itu sekaligus untuk ekuitas dan menandai komitmen Google di India.

Investasi akan dilakukan Google melalui apa yang disebut dana digitalisasi yang fokus kepada laju pesat pertumbuhan aplikasi dan platform perangkat lunak di India. Asal tahu saja, India adalah satu pasar layanan internet terbesar di dunia.

{Baca juga: Salip Amerika, Pasar Smartphone India Terbesar Kedua}

“Kami akan melakukannya melalui campuran investasi ekuitas, kemitraan, dan investasi operasional, infrastruktur dan ekosistem,” kata Sundar Pichai, CEO Alphabet, selama acara tahunan “Google untuk India”, seperti dilansir Reuters.

Dikutip Telset.id, Senin (13/7/2020), ia menambahkan bahwa investasi tersebut merupakan cerminan kepercayaan Google terhadap masa depan India.

Raksasa Internet itu menaruh harapan besar terhadap pertumbuhan ekonomi digital di India, dengan melakukan investasi langsung maupun tidak langsung di startup India. seperti aplikasi pengiriman lokal Dunzo.

Selain investasi melalui dana itu, Google juga akan menggarap sektor kecerdasan buatan dan pendidikan di India.

Sekadar informasi bahwa Pichai, yang lahir di India, bergabung dengan Google pada 2004 silam. Ia sempat menggarap Chrome, lalu menggantikan pendiri perusahaan, Larry Page, sebagai CEO dari perusahaan induk Alphabet Inc, tahun lalu.

Grup teknologi Amerika Serikat dengan sistem operasi seluler Android mendukung sebagian besar smartphone India.

Mereka akan terus bekerja sama dengan produsen untuk membangun perangkat berbiaya rendah demi perluasan internet.

India merupakan salah satu negara berkembang yang semakin seksi di mata para investor. Negeri Bollywood itu memiliki pasar yang potensial dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia.

Tak heran jika beberapa tahun belakangan, banyak investor kakap yang menggelontorkan duitnya di India. Selain Google, triliuner Warren Buffett, dikabarkan berencana melakukan investasi USD 285 juta-USD 356 juta di One97 Communication Ltd asal India.

{Baca juga: Warren Buffett Lirik Pasar E-commerce India}

Menurut BusinessLive, One97 Communication Ltd adalah perusahaan induk pemilik Paytm, e-commerce raksasa di India yang bersaing dengan Flipkart dan Amazon.

Pendiri Berkshire Hathaway Inc akan mengambil sekira empat persen saham induk sehingga membuat nilai Paytm lebih dari USD 10 miliar. Transaksi investasi bakal terjadi dalam beberapa pekan ke depan. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here