Salip Amerika, Pasar Smartphone India Terbesar Kedua

Telset.id, Jakarta – India sekarang merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia. India menyalip dominasi Amerika Serikat yang sebelumnya menduduki peringkat kedua, di bawah China yang kokoh di posisi pertama.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Minggu (26/01/2020) laporan dari Counterpoint Research memperkirakan jika 158 juta ponsel telah dikirim ke India pada tahun 2019, sehingga pangsa pasar India berada di posisi kedua dan menggeser dominasi Amerika Serikat.

Masuknya produsen smartphone asal Cina mungkin sebagian besar berpengaruh pada pangsa pasar di India. Menurut analis dari Counterpoint Research sebanyak 72% ponsel yang dikirim ke India berasal dari merek seperti Xiaomi, Vivo, Realme dan Oppo.

{Baca juga: Vivo Z1 Pro Jadi Ponsel Gaming di India}

Sisanya berasal dari Amerika Serikat dan Korea Selatan. Apple tumbuh dengan cepat pada akhir 2019 berkat potongan harga iPhone XR dan debut iPhone 11. Pengiriman Samsung di India turun 5% di tahun 2019 ini.

Tidak mengejutkan bahwa India akan menyusul Amerika Serikat mengingat populasinya dan pasar yang sedang berkembang di mana lebih banyak orang dapat membeli smartphone.

Namun, ini masih bisa berdampak signifikan pada cara pembuat ponsel menjual perangkat ke luar negeri. Mereka mungkin lebih cenderung merancang ponsel dengan mempertimbangkan India karena pangsa pasar disana sangat besar.

Sebelumnya Pocophone F2 kemungkinkan akan diluncurkan di India. General Manager Poco India, Manmohan Chandolu membeberkan beberapa informasi soal peluncuran produk pertama Poco usai “cerai” dengan Xiaomi.

Chandolu mengatakan, Pocophone F2 dipastikan bakal diperkenalkan pada kuartal pertama di tahun ini, tepatnya pada Maret mendatang. Meski demikian, ia belum mau memberikan tanggal tepatnya.

{Baca juga: Catat! Ini Jadwal Peluncuran Pocophone F2}

Selain membeberkan jadwal peluncuran Pocophone F2, Chandolu menegaskan kembali bahwa fokus Poco adalah memberikan smartphone bernilai tinggi dengan prosesor kelas atas, dan kapasitas RAM yang besar sebagai nilai jual utama. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI