Warren Buffett Lirik Pasar E-commerce India

Telset.id, Jakarta – Warren Buffett, pendiri Berkshire Hathaway Inc, ternyata masih tertarik dengan pasar ritel. Usai melepas Walmart, ia berencana melakukan investasi USD 285 juta-USD 356 juta di One97 Communication Ltd asal India.

Menurut BusinessLive, dikutip Telset.id pada Senin (27/8/2018), One97 Communication Ltd adalah perusahaan induk pemilik Paytm, satu e-commerce raksasa di India yang bersaing dengan Flipkart dan Amazon.

Menurut sumber kepada Economic Times India, Buffett akan mengambil sekira empat persen saham induk sehingga membuat nilai Paytm lebih dari USD 10 miliar. Transaksi investasi bakal terjadi dalam beberapa pekan ke depan.

“Investasi tersebut merupakan kali pertama yang dilakukan secara langsung oleh Buffett di India,” kata sumber itu. Ia melanjutkan, seorang tangan kanan Berkshire, Todd Combs, akan memimpin transaksi saham Paytm.

Berita Terkait: Duitnya Triliunan, Orang Ini Masih Pakai Ponsel Jadul

Berkshire pernah mencoba masuk ke pasar India. Pada 2011, Buffett masuk lewat Bajaj Allianz General. Namun, dua tahun berselang, ia menyerah karena pencapaian kinerja kurang dan ada keterbatasan kepemilikan asing di India.

Paytm sejatinya sudah memiliki pemegang saham utama raksasa, termasuk SoftBank dari Jepang dan Alibaba dari China. Paytm berkapitalisasi sekitar USD 7 miliar ketika disuntik USD 1 miliar oleh SoftBank Vision Fund pada tahun lalu.

Baca juga: Lima Persen Saham Apple Tak Cukup untuk Buffett

Paytm merupakan e-commerce yang memberi solusi lengkap. Tak hanya menjajakan berbagai produk, Paytm juga menghadirkan solusi pembayaran, termasuk pembelian produk investasi emas.

Paytm juga mengklaim sebagai pemimpin penyedia solusi pembayaran berbasis QR di India. Pekan lalu, Paytm yang berbasis di Noida mengakomodasi transaksi gros rata-rata tahunan senilai USD 50 miliar per akhir Juni 2018. [SN/HBS]

Sumber: Business Live

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI