Transaksi Pengguna DANA di Awal Ramadan 2023 Naik 122%

Telset.id, Jakarta – DANA mencatat peningkatan transaksi pembayaran nontunai selama awal bulan Ramadan 2023. Transaksi pengguna DANA di Ramadan 2023 naik 122% dibandingkan Ramadan tahun lalu.

Aplikasi dompet digital ini menyediakan berbagai layanan pembayaran dan keuangan, masih menjadi pilihan masyarakat untuk menunjang gaya hidup mereka selama bulan Ramadan 2023 saat ini.

Hal ini ditandai dengan melesatnya pertumbuhan beberapa fitur dan layanan di 12 hari pertama bulan Ramadan tahun 2023. Menurut Lim Wimawan Kusuma selaku Head of Marketing DANA Indonesia hal ini dipengaruhi oleh aktivitas berbelanja yang meningkat khususnya pada sektor bahan pokok, makanan, serta fashion.

“Pada Ramadan tahun ini, kami melihat terjadinya peningkatan transaksi hingga mencapai 122% jika dibandingkan dengan 12 hari pertama di bulan Ramadan tahun lalu. Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada jumlah pengguna transaksi harian dengan kenaikan mencapai 103 persen,” ujar Lim Wimawan.

DANA juga menangkap tren menarik di mana 5 fitur dalam aplikasi DANA makin diminati selama Ramadan ini, diantaranya adalah fitur Kirim Uang, Pembayaran dengan QR, Belanja di E-Commerce, Pulsa dan Data, hingga Layanan Keuangan.

“Fitur-fitur sangat membantu user untuk memenuhi kebutuhan finansial lifestyle yang tadinya pakai 3 aplikasi untuk memenuhi kebutuhan, sekarang semua bisa diselesaikan pakai DANA,” jelas Lim.

BACA JUGA:

Torehan pertumbuhan positif selama bulan Ramadan juga dirasakan pada pertumbuhan beberapa mitra DANA. Terjadi kenaikan jumlah merchants mencapai 45%, disertai oleh transaksi merchants yang mengalami kenaikan hingga lebih dari 60% dibandingkan Ramadan 2022.

Fenomena ini dinilai selaras dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia paska-pandemi yang mulai menunjukkan geliat berbelanja.

“Kami melihat pertumbuhan yang signifikan dari jumlah merchants di Ramadan tahun 2023 dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu,” ungkap VP of Business Operation DANA Indonesia, Luqman Ibnu Purnomo dalam acara Ngabuburit Bareng DANA pada Kamis (06/04/2023).

Di akhir Ramadan DANA akan terus mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan beragam fitur lainnya untuk mengoptimalkan ibadah pengguna di bulan suci ini.

BACA JUGA:

Beberapa edukasi tersebut mencakup pemanfaatan fitur DANA Donasi untuk bersedekah, mini program Dompet Dhuafa untuk membayar Zakat, hingga fitur Kirim Uang atau bahkan DANA Kaget untuk mengirimkan THR kepada sanak saudara.

“Kami memberikan edukasi ke masyarakat karena preferensi masyarakat untuk melakukan donasi dan sedekah daring juga makin bertambah pesat,” tutup Luqman. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI