Fitur ‘Sekolah’ Kelas Pintar Mudahkan Siswa Belajar di Rumah

Telset.id, Jakarta – Guna mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Kelas Pintar meluncurkan sebuah fitur baru yang disebut “Sekolah”. Fitur ini memudahkan siswa belajar dari rumah, layaknya di sekolah.

“Sekolah” akan membuat guru dan siswa bisa menjalankan proses belajar mengajar layaknya di ruang kelas (KELAS). Dimana tatap muka tetap ada, meski dilakukan secara virtual.

“Platform PJJ harus bisa secara maksimal mengakomodir aspek pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku. Dengan begitu, kurikulum yang berlaku bisa terlaksana meski pembelajaran dilakukan secara online”, ujar Fernando Uffie, Pendiri Kelas Pintar.

{Baca Juga: Kelas Pintar Dukung Sistem Belajar Online Saat “New Normal”}

Lewat fitur Sekolah di Kelas Pintar ini, bukan saja guru yang dimudahkan dengan adanya opsi untuk merekam materi pembelajaran, para siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi juga dapat langsung bertanya pada guru.

Guru juga dapat menjelaskan materi pelajaran dengan bantuan virtual whiteboard atau berbagi layar (share screen) pada siswa. Dengan begitu, guru dapat lebih optimal dalam menunaikan tugasnya, sementara siswa bisa lebih mudah dalam menerima materi yang diajarkan.

Ketika guru ingin memberikan Pekerjaan Rumah atau Project, menu PR dan menu PROJECT hadir untuk membantu baik guru maupun siswa. Baik guru atau siswa dapat langsung mengirim, mengunduh dan mengunggah file dalam bentuk pdf, png, jpeg maupun doc tanpa perlu menggunakan platform lain.

Selanjutnya, guru bisa memberikan penilaian dan penjelasan dari setiap jawaban PR dan Project yang diberikan.

Project ini biasanya diberikan oleh guru pada siswa sebagai cara untuk menunaikan tugas dalam menjalankan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning/PBL) atau model pembelajaran yang menggunakan proyek). Ini sesuai dengan inti pembelajaran yang dianjurkan terkait dengan implementasi kurikulum 2013.

{Baca Juga: Sambut Tahun Ajaran Baru, Kelas Pintar Luncurkan “Sekolah”}

Fungsi yang kurang lebih sama didapatkan dari menu TUGAS, dimana lewat menu ini guru dapat memberikan tugas atau assessment secara online dengan soal yang dibuat sendiri.

Adapun jenis soal yang dibuat bisa berupa Essay maupun pilihan ganda. Untuk urusan bobot, guru juga yang nantinya akan menentukan.

Ketika tiba saatnya UJIAN, menu bertajuk serupa memungkinkan guru bisa dengan mudah membuat ujian online yang nantinya dapat langsung dikerjakan oleh siswa.

Soal ini dapat dibuat sendiri sesuai dengan standar masing-masing sekolah atau menggunakan kumpulan soal yang ada di bank soal Kelas Pintar, yang sudah disesuaikan dengan kurikulum nasional. Dengan laporan hasil ujian yang nantinya bisa diperoleh secara realtime.

{Baca Juga: “Sahabat Belajar Online”, Paket Lengkap dari Kelas Pintar}

Sementara itu, menu MONITORING bertindak dalam membantu guru atau tenaga pengajar dalam memantau dan mengawasi siswa saat ujian online.

Dengan menu ini, bukan saja memantau aktivitas siswa saat ujian online sedang berlangsung, tetapi juga aktifitas di computer siswa juga dapat dipantau.

Bahkan, guru juga dapat secara langsung memberikan instruksi, peringatan dan pengumuman.

Semua proses pengawasan ini tercatat, dan guru akan mendapatkan aktifitas (LOG) dari penggunaan menit ke menit serta dapat melihat hasil laporan rekaman pengawasan siswa.

Dengan demikian, Guru dapat memastikan bahwa soal ujian yang diberikan, benar-benar dijawab oleh siswa.

Fitur Sekolah di Kelas Pintar Mudah Diakses

Menariknya lagi, semua ini bisa diakses bukan saja dari laptop atau komputer, tetapi juga smartphone dan tablet.

Jika materi pelajaran sudah dikuasai, para siswa juga bisa menguji diri dengan mencoba soal-soal latihan yang disediakan. Semua itu dapat diperoleh dalam SOAL.

Bank soal ini diklaim dibuat dengan lebih berbobot karena digarap oleh Guru Pintar dan sesuai dengan kurikulum.

{Baca Juga: Cara Dapatkan Akses Belajar Online Gratis di Kelas Pintar}

Dalam SOAL juga ada penjelasan serta rangkuman materi. Dengan begitu siswa dapat mempelajari lebih dalam, sebelum akhirnya dapat menyelesaikan semua soal yang ada tanpa harus keluar dari solusi KELAS PINTAR.

Solusi Kelas Pintar semakin lengkap dengan keberadaan fitur TANYA, yang memungkinkan siswa bertanya secara langsung pada guru. (HR)

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI