Tok! Charger USB-Type C di iPhone Wajib Mulai 2024

Telset.id, JakartaCharger USB-Type C di iPhone wajib untuk pasar Eropa mulai 2024. Uni Eropa dan parlemen menyepakati satu port pengisian daya smartphone.

Menurut laporan Reuters, negara Uni Eropa dan parlemen bahkan menyetujui penerapan konektor USB-Type C di tablet, laptop, e-reader, earbud, keyboard, mouse komputer.

Komisi Eropa menyebut, Telset kutip pada Selasa (7/6/2022), intervensi politik itu akan membuat hidup konsumen lebih mudah. Konsumen pun bakal menghemat.

Brussels telah mendorong satu port pengisian daya selama lebih dari satu dekade. Semua berkat keluhan pengguna iPhone dan Android yang harus pakai charger beda.

BACA JUGA:

Asal tahu saja, iPhone menggunakan konektor pengisian daya berupa kabel Lightning. Sementara perangkat bersistem operasi Android, memakai konektor USB-Type C.

Pada 2018, separuh pengisi daya smartphone di pasaran berupa USB micro-B, 29 persen berjenis konektor USB-Type C, sedangkan 21 persen adalah konektor Lightning.

“Pada musim gugur 2024, USB-Type C akan menjadi port pengisian daya umum untuk semua smartphone, tablet, dan kamera di Uni Eropa,” demikian kata Parlemen Eropa.

Kepala industri Uni Eropa, Thierry Breton, mengatakan, kesepakatan itu akan menghemat sekitar 250 juta euro atau lebih kurang USD 267 juta untuk konsumen.

BACA JUGA: Video Hands-on Bocorkan Wujud Desain Empat Model iPhone 14

“Kami bangga bahwa laptop, e-reader, earbud, keyboard, mouse komputer, dan perangkat navigasi portabel juga disertakan,” kata anggota parlemen, Alex Agius Saliba.

Apple mempunyai waktu sekitar dua tahun untuk menyiapkan charger USB-Type C di iPhone. Apple belum memberikan komentar mengenai keputusan Uni Eropa dan parlemen. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI