Resmi Diumumkan, Ini Fitur Baru iOS 16 untuk iPhone

Telset.id, Jakarta – Apple secara resmi meluncurkan iOS 16 di ajang di WWDC 2022. Seperti bocoran dan rumor sebelumnya, Apple telah memperkenalkan perubahan dan peningkatan di seluruh sistem. Berikut fitur baru yang akan hadir di iPhone lewat pembaruan iOS 16.

Pembaruan perangkat lunak untuk iOS 16 akan tiba akhir tahun ini di iPhone 8 dan perangkat yang lebih baru. Kemungkinan update ini akan digulirkan Apple pada bulan September nanti.

Peningkatan dan fitur baru pada update sistem operasi baru ini termasuk layar kunci dan sistem notifikasi yang dirombak, bersama dengan aplikasi sistem yang ditingkatkan dan didesain ulang.

Ada alasan lain untuk memperhatikan iOS 16, di luar hanya sekadar pembaruan perangkat lunak untuk iPhone saat ini saja. Versi lengkap iOS 16 akan memulai debutnya bersamaan dengan dirilisnya iPhone generasi berikutnya, yang hadir sebagai perangkat lunak default pada perangkat tersebut.

Jadi, pembaruan iOS 16 juga dapat memberikan kita beberapa petunjuk tentang apa yang telah direncanakan Apple untuk model iPhone 14, yang dikabarkan akan tiba akhir tahun ini.

Pratinjau pengembang akan tersedia minggu ini diikuti oleh beta publik bulan depan, menjelang peluncuran publik akhir tahun ini. Nah, berikut fitur baru dan peningkatan yang dibawa dalam update iOS 16.

BACA JUGA:

Lock Screen

Fitur baru iOS 16

Ini adalah perombakan besar-besaran pada fitur Lock Screen di iOS yang sudah terbilang jadul. Ada banyak perubahan besar, tapi menariknya, beberapa di antaranya sangat mirip dengan apa yang telah dilakukan Google dengan Android.

Pengguna akan memiliki akses ke wallpaper dengan kemampuan seperti widget dan OS akan memungkinkan pengguna untuk memilih dari berbagai tipografi dan filter warna sambil menyesuaikan pengaturan mereka.

Anda juga dapat menambahkan widget untuk acara kalender mendatang, status latihan, dan memilih beberapa widget, sambil memilih wallpaper dan preset dari pilihan yang disediakan oleh Apple.

iOS 16 juga akan menawarkan mode Acak Foto yang memungkinkan pengguna untuk secara otomatis mengganti layar kunci mereka. Pembaruan juga akan membawa dukungan untuk wallpaper Cuaca yang akan menampilkan kondisi cuaca langsung di layar kunci, atau wallpaper Astronomi, untuk melihat pemandangan Bumi, Bulan, dan tata surya.

Apple telah mengubah notifikasi di iOS 16, sehingga tidak menghalangi wallpaper yang dipersonalisasi dan tata letak Layar Kunci. Notifikasi lockscreen di iOS sekarang akan bergulir dari bawah layar, membuatnya lebih mudah untuk diketuk dan diakses dengan satu tangan.

Pengguna juga dapat memilih dari aplikasi yang menggunakan API Aktivitas Langsung untuk menampilkan skor permainan langsung, memeriksa perjalanan mereka dengan ojol, atau mengontrol musik dari layar kunci.

Focus Modes

Fitur baru iOS 16

Mode Fokus diperkenalkan saat debut iOS 15, dan Apple membawanya ke layar kunci dengan pembaruan iOS 16. Pengguna sekarang dapat mengaktifkan mode Fokus dari layar kunci dengan menggesek dari layar kunci.

Pengguna akan dapat mengikat Wallpaper Layar Kunci dan widget yang diatur ke mode Fokus tertentu, memungkinkan mereka untuk beralih di antara mode Fokus hanya dengan menggesekkan ke Layar Kunci yang sesuai.

Dengan kedatangan iOS 16, Apple juga akan membawa kontrol gangguan ke aplikasinya sendiri, memungkinkan pengguna untuk menyaring tab, akun, email, dan fitur dari aplikasi seperti Kalender, Mail, Pesan, dan Safari.

Apple akan memperingatkan pengguna dengan pesan yang mengatakan Difilter berdasarkan Fokus, misalnya, di aplikasi Messages. Fungsionalitas ini juga akan diperluas ke aplikasi pihak ketiga.

Messages

Fitur baru iOS 16

Fitur Messages mendapatkan pembaruan besar-besaran, dengan kemampuan untuk mengedit pesan. Ini adalah fitur yang ditawarkan pada aplikasi perpesanan tertentu, seperti Telegram. Pengguna juga dapat membatalkan pengiriman pesan, memungkinkan pengguna untuk mengingat pesan – mirip seperti fitur di aplikasi Signal, Instagram, dan WhatsApp.

Pengguna juga dapat menandai pesan sebagai belum dibaca, memungkinkan mereka untuk kembali ke percakapan di lain waktu. Fitur SharePlay juga hadir di Messages, yang memungkinkan pengguna untuk menonton konten yang disinkronkan, seperti film dan lagu, sambil berbagi kontrol pemutaran dalam obrolan Pesan.

Mail

Penjadwalan untuk email akan datang ke aplikasi Mail di iOS 16. Pengguna juga dapat membatalkan pengiriman email, sebelum dikirim ke kotak masuk penerima. Pengguna juga akan diingatkan jika mereka lupa melampirkan email ke mereka. Sebenarnya fitur ini juga sudah diterapkan di Gmail milik Google.

Live Text & Visual Lookup

Fitur baru iOS 16

Live Text atau Teks Langsung mendapatkan beberapa peningkatan di iOS 16. Anda dapat menarik teks dari video, Anda dapat menjeda pada bingkai mana pun dan menyorot teks yang diinginkan. Teks Langsung juga akan berfungsi di Terjemahan sehingga Anda dapat menyorot sejumlah besar teks asing.

Visual Lookup atau Pencarian Visual juga akan mendapatkan beberapa peningkatan di iOS 16. Fitur ini memungkinkan Anda menyorot subjek kueri. Cukup ketuk dan tahan, angkat, dan letakkan subjek di aplikasi yang Anda inginkan. Saran Apple adalah Pesan.

Apple Wallet

Apple Wallet

Berbagi kunci akan datang ke Apple Wallet, memungkinkan pengguna untuk berbagi kunci digital dengan pengguna lain melalui aplikasi Pesan, memungkinkan mereka untuk mengakses kunci yang sama secara langsung di aplikasi Wallet mereka. Apple mengatakan mereka bekerja dengan standar industri IETF untuk dukungan berbagi kunci dengan pengguna non-Apple.

Apple juga mengumumkan dukungan untuk Apple Pay Later, sebuah sistem yang memungkinkan pengguna melakukan empat pembayaran yang sama tanpa bunga dan tanpa biaya.

Itu dapat digunakan di mana saja yang mendukung Apple Pay. Apple juga akan membiarkan pengguna memeriksa pesanan dan melacak pengiriman. Untuk menghadirkan fitur ini, Apple telah bermitra dengan Shopify.

BACA JUGA:

Apple Maps

Apple Maps

Pembaruan untuk aplikasi Apple Maps menambahkan cakupan di 11 negara baru di akhir tahun ini. Lebih praktisnya, Anda sekarang dapat menambahkan hingga lima belas pemberhentian di rute Apple Maps, memungkinkan Anda menavigasi beberapa titik dengan mudah. Anda dapat meminta Siri, atau menyiapkan rute sebelumnya di Mac dan mengirimkannya ke iPhone.

Jika Anda adalah pengguna angkutan umum, Apple Maps sekarang memungkinkan Anda untuk memeriksa tarif perjalanan, dan Anda dapat menambahkan kartu transit ke dalam aplikasi Apple Wallet, sehingga Anda dapat memeriksa apakah Anda memiliki cukup pulsa untuk mencapai tujuan Anda.

News & Sports

Apple News akan mendapatkan section Olahraga baru, memungkinkan Anda mengikuti tim dan liga untuk semua pembaruan dan cerita terbaru. Di section My Sports, Anda dapat melihat jadwal, skor, dan sorotan. Semua barang Anda disinkronkan dengan app Apple TV.

Ini akan gratis di AS, Inggris, Kanada, dan Australia. Pelanggan Apple News+ akan memiliki akses ke cakupan premium untuk tim olahraga favorit mereka

Family Sharing

Family Sharing

Apple telah mengumumkan pembaruan untuk Family Sharing, yang memungkinkan orang tua untuk mengelola akun anak-anak. Mereka akan dapat menetapkan batasan pada aplikasi dan konten apa yang dapat diakses.

Anak-anak dapat meminta lebih banyak waktu pemakaian perangkat di Pesan dengan orang tua, dan Apple juga menambahkan dukungan untuk pengaturan cepat.

Photos

iCould Shared Photo Library akan hadir di iOS 16, memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dengan hingga lima pengguna lain. Anda dapat memilih foto tertentu dari Photo Library mereka atau rentang tanggal tertentu.

Fitur baru iOS 16

Pengguna bahkan dapat memilih untuk secara otomatis memilih siapa yang akan membagikan gambar tertentu saat mereka diklik di kamera, berkat sakelar baru yang akan ditambahkan dengan pembaruan iOS 16.

Keenam anggota yang merupakan bagian dari iCould Shared Photo Library akan memiliki izin yang sama untuk menambah, mengedit, menghapus, atau gambar favorit dalam grup. iCould Shared Photo Library di iOS 16 juga akan memunculkan saran bagi pengguna untuk berbagi foto tertentu yang menyertakan peserta di perpustakaan bersama, menurut perusahaan.

Safety Check

Safety Check atau Pemeriksaan Keamanan akan memungkinkan pengguna yang sedang dalam situasi bahaya atau korban kekerasan dalam rumah tangga bisa dengan cepat menekan tombol yang disebut Start Emergency Reset.

Fitur ini akan mengatur ulang izin privasi untuk semua aplikasi, berhenti berbagi lokasi, dan melindungi semua pesan dari perangkat lain, kecuali perangkat aktif saat keluar dari perangkat lain. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0