Siapakah CEO dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia? Ini Daftarnya

Telset.id – Siapakah CEO dengan penghasilan tertinggi? Apakah bos Apple, Tim Cook, atau CEO Tesla, Elon Musk?  Inilah CEO berpenghasilan tertinggi menurut Fortune 500.

Berdasarkan Fortune 500, seperti Telset kutip dari Phone Arena, Minggu (29/5/2022), Elon Musk adalah CEO dengan penghasilan tertinggi sekaligus orang paling tajir sejagat.

Musk yang sekarang memiliki kekayaan bersih mencapai USD 218,1 miliar atau lebih kurang Rp3.171 triliun, adalah CEO Tesla dan perusahaan kedirgantaraan SpaceX.

Pada 2021, Musk menguangkan hibah opsi saham Tesla yang diberikan pada 2018. Dari pencairan itu, ia membawa pulang USD 23,5 miliar atau Rp341 triliun pada tahun lalu.

BACA JUGA:

Di belakang Musk, CEO  sebagai eksekutif dengan bayaran tertinggi kedua di Fortune 500 tahun lalu adalah Tim Cook. Bos Apple itu meraup pendapatan sebesar USD 770,5 juta.

Merujuk kepada mata uang Indonesia, nominal itu setara dengan Rp11,2 triliun. Mayoritas uang pada 2021 itu berasal dari pencairan sejumlah hibah 10 tahun saham Apple.

Perlu Anda ketahui, sebagian besar pendapatan CEO menurut Fortune 500 didasarkan kepada kombinasi gaji tahunan dan tunjangan seperti opsi saham dan hibah saham.

Fortune mencatat bahwa nilai pasar atau valuasi Apple telah meningkat signifikan sebesar USD 2,2 triliun sejak Cook menggantikan mendiang Steve Jobs pada Oktober 2011.

Valuasi Apple menjadi hitungan Fortune untuk memvalidasi pendapatan tahunan Cook. Dengan valuasi Apple sebesar itu, Cook berhak atas gaji besar untuk dirinya sendiri.

Di tempat ketiga CEO dengan penghasilan tertinggi ada nama Jensen Huang. CEO NVIDIA tersebut menghasilkan pendapatan USD 561 juta atau 8,15 triliun sepanjang 2021.

Berikutnya, ada nama Reed Hastings, CEO Netflix. Hastings menerima penghasilan USD 453,5 juta atau lebih kurang Rp6,6 triliun pada tahun lalu menurut penghitungan Fortune.

BACA JUGADituduh Pelecehan Seksual, Elon Musk: Tolong Gambar Kemaluan Saya

Melewati posisi lima dan enam, peringkat tujuh CEO dengan penghasilan tertinggi adalah Satya Nadella dari Microsoft. Penghasilannya USD 309,4 juta atau Rp4,5 triliun pada 2021.

Sebagai catatan, total kompensasi rata-rata untuk 280 CEO Fortune 500 sebesar USD 15,9 juta atau sekira Rp231 miliar pada tahun lalu, naik 30 persen secara tahunan. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0