Awas! Malware Android Berkedok Emulator Nintendo

Malware spyJAKARTA – Satu lagi ditemukan malware baru yang berkeliaran di Android. Virus jahat baru diberi nama ‘Gunpoder’, yang menyusup dalam rupa aplikasi emulator game Nintendo. Malware ini diketahui telah menyebar ke banyak negara, dan Indonesia termasuk salah satunya.

Berdasarkan laporan dari firma keamanan Palo Alto Research, mereka menemukan tiga varian malware baru bernama Gunpoder. Virus jahat ini menyusup didalam aplikasi yang menyamar sebagai sebuah emulator untuk game Nintendo.

Malware ini memiliki kemampuan untuk mencuri semua bookmark dan data riwayat browser saat berhasil menjangkiti ponsel pengguna. Setelah berhasil masuk ke ponsel pengguna, virus ini akan mengumpulkan semua bookmark dan riwayat browser, kemudian mengirimkan dirinya sendiri melalui SMS, dan menampilkan iklan-iklan palsu, serta langsung mengeksekusi kode-kode berbahaya di dalamnya.

Menurut para peneliti dari Palo Alto Research yang telsetNews kutip dari Ubergizmo, Sabtu (11/7/2015), malware ini mengincar korbannya dengan cara menyusup portal pembayaran aplikasi emulator Nintendo yang ada di Google Play Store. Parahnya, malware ini tidak bisa dideteksi oleh software antivirus.

Sayangnya tidak disebutkan secara spesifik nama emulator-nya. Namun, para peneliti mengatakan bahwa emulator yang dimaksud harganya berada di kisaran USD 0,20 hingga USD 0,40. Pengguna Android yang tertipu dan membeli emulator tersebut akan langsung terjangkit begitu melakukan pembayaran.

Palo Alto Networks mengklaim bahwa sejauh ini malware baru ini menargetkan pengguna yang tinggal di negara-negara seperti Irak, Thailand, India, Indonesia, Afrika Selatan, Rusia, Perancis, Meksiko, Brasil, Arab Saudi, Italia, Amerika Serikat dan Spanyol.

Lalu, bagaimana cara untuk menghindarinya? Para peneliti Palo Alto menyarankan jika Anda menemukan aplikasi seperti itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari untuk mengunduh emulator Nintendo yang tidak jelas asal-usulnya.

Ini tentunya menjadi kabar buruk bagi para pengguna Android, karena di Indonesia banyak gamers yang memakai smartphone mereka untuk memainkan game-game Nintendo DS misalnya dengan memakai emulator.

Well, apakah Anda akhir-akhir ini suka mengunduh emulator Nintendo? Sebaiknya Anda mulai berhati-hati jika tidak ingin terserang malware bernama Gunpoder ini. [HBS]

 

 

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI