HOW TO

6 Tips Ampuh Menjaga Akun Twitter Jadi Lebih Aman

Naufal Mamduh

Telset.id – Twitter merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna. Akan tetapi, para pengguna termasuk Anda sering abai perihal privasi dan keamanan akun. Padahal keamanan akun sangat penting demi menjaga data pribadi Anda.

Menjaga akun Twitter jadi lebih aman, caranya mudah. Ada 6 tips yang bisa diterapkan supaya akun lebih aman dan terhindar dari upaya pembajakan akun atau kejahatan siber lainnya.

Baca juga: Twitter Uji Coba Fitur Login Menggunakan Akun Google

Keenam tips ini bisa dilakukan sendiri dan tidak mengganggu aktivitas Anda bermain Twitter. Justru dengan menerapkan tips-tips berikut ini, Anda bisa lebih nyaman dalam mengakses Twitter. Berikut keenam tips tersebut.

1. Buat Komibinasi Password yang Unik

Ilustrasi password

Tips pertama membuat password yang unik. Maksudnya Anda harus membuat password 10 karakter yang merupakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Kemudian pakai password atau kata sandi yang berbeda untuk tiap situs web yang Anda kunjungi.

Kedua cara ini bertujuan agar password kamu sulit diketahui orang lain, sehingga akun sulit untuk dibajak atau diretas. Supaya lebih aman Anda juga bisa menggunakan perangkat lunak tambahan, untuk mengelola dan menyimpan kata sandi dengan aman.

2. Terapkan Metode Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi Dua Faktor

Berikutnya adalah terapkan autentikasi dua faktor (2FA). Dengan 2FA nantinya hanya orang yang memiliki akses ke kata sandi, dan nomor ponsel Anda yang dapat masuk ke akun Twitter.

Perlu diketahui bahwa metode 2FA sudah bisa digunakan di Twitter sejak akhir Juni 2021, jadi manfaatkan fitur tersebut untuk mengamankan akun Twitter Anda.

Baca juga: Twitter Akhirnya Tambahkan Caption Teks di Fitur Voice Tweet

3. Log in di Situs Resmi Twitter

Log in akun di situs resmi Twitter

Pastikan untuk log in di akun resmi Twitter. Hal ini karena praktek phishing akan selalu mengintai, dan modusnya bisa dengan membuat situs Twitter palsu. Alamat situs resmi Twitter adalah https://twitter.com, sehingga jangan sampai akses situs yang lain.

Lalu disarankan juga untuk periksa kembali tautan yang Anda buka, sebelum memberikan data pribadi Anda termasuk kata sandi. Sedangkan jika Anda mengakses situs Twitter palsu dan menjadi korban phising, segera ubah password akun.

4. Waspada Pihak yang Mengatasnamakan Twitter

Twitter

Tips keempat selalu waspada jika ada pihak yang mengaku sebagai perwakilan Twitter, yang menghubungi Anda dan meminta data pribadi. Perlu diingat, bahwa Twitter tidak pernah meminta pengguna untuk memberikan kata sandi melalui email atau Direct Message.

Anda disarankan untuk tidak membuka lampiran atau tautan jika Anda menerima pesan di Twitter. Hal ini karena kemungkinan besar pesan tersebut bukan dari pihak Twitter.

5. Waspada Peringatan Masuk yang Mencurigakan

Ilustrasi aplikasi Twitter

Twitter akan mengirimkan notifikasi melalui email atau notifikasi push jika mendeteksi aktivitas mencurigakan atau saat Anda masuk ke akun Twitter dari perangkat baru untuk pertama kalinya.

Notifikasi ini biasanya mencantumkan lokasi yang merupakan perkiraan alamat IP yang digunakan untuk mengakses Twitter. Melalui notifikasi ini, Anda dapat memverifikasi apakah Anda yang benar-benar masuk melalui perangkat tersebut.

Jika bukan, Anda disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang tercantum dalam notifikasi untuk mengamankan akun Anda, dimulai dengan mengubah kata sandi akun.

6. Periksa Tautan Sebelum Klik

Twitter

Di Twitter banyak pengguna yang membagikan tautan yang dipersingkat dalam bentuk bit.ly atau TinyURL, di timeline ataupun Direct Message (DM). Jika Anda mendapatkan tautan tersebut, pastikan periksa alamat asli URL sebelum mengunjunginya.

Baca juga: Jarang Dipakai, Twitter Hapus Fitur Fleets Bulan Depan

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan plug-in gratis dari Chrome dan Firefox, yang mampu menunjukkan alamat asli URL bit.ly atau TinyURL tanpa harus mengklik terlebih dahulu.

Keamanan akun berada di tangan Anda. Silakan ikuti keenam tips tadi supaya akun Twitter menjadi lebih aman. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencobanya di akun kalian masing-masing. [NM/HBS]

Leave a Comment