Twitter Akhirnya Tambahkan Caption Teks di Fitur Voice Tweet

Telset.id, Jakarta – Twitter menambahkan caption atau keterangan dalam bentuk teks di fitur voice tweets. Kehadiran teks ini akan membantu pengguna untuk lebih memahami cuitan suara yang diposting pengguna.

Adanya tambahan keterangan teks di voice tweets ini setelah Twitter banyak mendapat banyak kritikan dari penggunanya yang merasa tidak nyaman dengan fitur voice tweets.

Pasalnya, sejak diluncurkan pada Juni 2020 lalu, Twitter tidak memberikan tambahan teks di fitur cuitan suara di platform mereka. Hal ini yang membuat fitur voice dikritik karena dinilai aksesibilitasnya kurang.

Baca juga: Akunnya Diblokir, Donald Trump Gugat Facebook, Twitter dan Google

Banyak yang berpendapat, bahwa tanpa ada fitur keterangan teks, pengguna Twitter dari kalangan disabilitas akan sulit memahami pesan di voice tweets.

Demi menjawab kritikan tersebut, akhirnya mulai Kamis (15/7/2021), fitur voice tweet didukung oleh fitur keterangan teks. Dengan fitur ini, setiap ucapan yang ada di voice tweet akan otomatis muncul juga lampiran teksnya.

“Sebagai bagian dari pekerjaan berkelanjutan kami untuk membuat Twitter dapat diakses oleh semua orang, kami meluncurkan teks otomatis untuk Tweet Suara ke iOS,” kata Kepala Aksesibilitas Global Twitter Gurpreet Kaur.

Fitur teks dalam voice tweet akan dibuat secara otomatis sudah mendukung beberapa bahasa seperti yaitu Inggris, Jepang, Spanyol, Portugis, Turki, Arab, Hindi, Prancis, Indonesia, Korea, dan Italia.

Gurpreet Kaur berharap semoga kehadiran teks di voice tweets dapat meningkatkan aksesibilitas Twitter, dan membuat platform semakin inklusif sehingga bisa diakses oleh semua kalangan.

“Ini adalah salah satu dari banyak langkah yang kami ambil untuk memperluas dan memperkuat aksesibilitas di seluruh layanan kami, dan kami berharap dapat melanjutkan perjalanan kami untuk menciptakan layanan yang benar-benar inklusif,” tambah Kaur.

Baca juga: Sudah Diluncurkan, Ini Fitur dan Biaya Langganan Twitter Blue

Untuk melihat keterangan teks pada tweet, Anda dapat mengklik atau mengetuk ikon CC di sudut kanan atas jendela tweet suara. Namun, teks hanya muncul di tweet suara yang baru, sehingga fitur ini tidak akan hadir di tweet-tweet suara Anda yang lama.

Teks Twitter Voice Tweet
Tampilan teks pada voice tweet

Selain di voice tweets, fitur teks juga akan hadir di Twitter Spaces. Perlu diketahui bahwa fitur voice twees baru bisa diakses oleh pengguna iOS saja. Belum diketahui kapan aplikasi ini akan hadir di Android.  Jadi untuk pengguna Android, harap bersabar.

Twitter Hapus Fleets 

Twitter Voice Tweets
Ilustrasi Twitter Fleets

Sebelumnya Twitter juga mengumumkan akan menghapus fitur Fleets di 3 Agustus 2021. Alasannya karena fitur tersebut jarang dipakai pengguna, sehingga Twitter memutuskan untuk menghapusnya dari platform.

Pengumuman dihapusnya fitur Fleets disampaikan oleh Head of Product, Brand & Video Ads Twitter, Ilya Brown di blog Twitter pada Kamis (15/7/2021).

Seperti dilansir Telset dari blog Twitter Ilya menyatakan Fleets awalnya hadir untuk pengguna yang ingin berpendapat secara singkat dalam percakapan di Twitter.

Baca juga: Jarang Dipakai, Twitter Hapus Fitur Fleets Bulan Depan

Sayangnya, sejak diluncurkan pada tahun lalu, fitur tersebut sepi peminat. Tidak ada peningkatan jumlah pengguna yang memakai Fleets di Twitter sejak dirilis. Melihat fakta tersebut Twitter pun akhirnya menghapus Fleets mulai 3 Agustus 2021.

“Namun, sejak kami memperkenalkan Fleets kepada semua orang, kami belum melihat peningkatan jumlah orang baru yang bergabung dalam percakapan dengan Fleets seperti yang kami harapkan. Karena itu, pada 3 Agustus, Fleets tidak lagi tersedia di Twitter,” ungkap Ilya. [NM/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0