telset

8 Tips Mengatasi Kecanduan Media Sosial, Hidup jadi Tenang

Telset.id – Ketika Anda merasa sudah ketergantungan media sosial, ada baiknya bagi Anda untuk memperhatikan beberapa tips untuk mengatasi kecanduan medsos. Cara ini sangat penting bagi Anda agar dapat hidup lebih baik dan terhindar dari dampak buruk dari media sosial.

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya dirancang untuk membantu masyarakat dalam berkomunikasi. Namun seiring perkembangan teknologi, media sosial justru memberikan dampak buruk. 

Aplikasi medsos malah menimbulkan efek kecanduan, di mana penggunanya sering kali membuka platform media sosial setiap harinya. Kita pun disarankan untuk melakukan detoksifikasi atau mengurangi aktivitas media sosial secara bertahap.

Proses tersebut merupakan rangkaian tindakan yang Anda harus lakukan demi menenangkan diri dari gaduhnya media sosial sekarang ini.

Baca juga: Tips Mengamankan HP Biar Gak Dihack

Nah, ada beberapa tips bagi Anda untuk mengatasi ketergantungan atau kecanduan terhadap media sosial. Berikut cara selengkapnya untuk Anda. 

1. Unfollow Akun yang Tidak Penting 

Detoksifikasi Media Sosial

Anda harus berani untuk unfollow siapapun yang tidak berkontribusi kepada Anda. Misalnya saja, mantan kolega yang baru terobsesi dengan sesuatu dan akun yang menawarkan produk-produk tertentu yang pada dasarnya tidak Anda butuhkan. 

Jika Anda enggan untuk berhenti mengikuti, cobalah untuk menerapkan fitur mute. Teman-teman Anda tidak akan mengetahui bahwa Anda telah membisukan mereka.

2. Fokus Berkomunikasi di Satu Media Sosial

Tips mengatasi kecanduan medsos

Tips selanjutnya untuk mengatasi kecanduan media sosial adalah mencoba fokus berkomunikasi di satu atau dua medsos saja. Beritahu kemana mereka harus menghubungi Anda dan pusatkan hanya di platform tertentu.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus membuka aplikasi media sosial tertentu saja. Cara ini terbilang efektif untuk mengatasi ketergantungan terhadap medsos, karena Anda tidak akan lama-lama membuka akun-akun media sosial lainnya.

3. Pindahkan Ikon Media Sosial 

Mengatasi ketergantungan medsos

Pernahkah Anda membuka ponsel cerdas hanya untuk memeriksa cuaca dan kemudian melihat ikon Facebook, membukanya sebentar, dan akhirnya menghabiskan dua jam dalam platform tersebut? 

Baca juga: Cara Posting Foto dan Video Instagram di PC

Untuk menghindarinya, coba pindahkan ikon media sosial Anda agar tidak terlihat. Misalnya, sembunyikan dalam folder atau meletakkannya ke halaman ketiga atau keempat aplikasi agar lebih tidak terlihat dan tidak terpikirkan.

4. Menata Notifikasi 

Cara mengatasi kecanduan media sosial

Notifikasi kadang membuat Anda ingin membuka aplikasi. Hasilnya, berbagai pekerjaan terbengkalai karena Anda malah fokus untuk membukanya. Tips selanjutnya untuk mengatasi kecanduan medsos adalah dengan menyesuaikan tampilan dari fitur notifikasi. 

Anda bisa menata kira-kira aplikasi mana saja yang perlu diaktifkan notifikasinya, dan jika aplikasi media sosial dirasa kurang penting maka silakan menonaktifkan saja notifikasinya agar Anda tidak sering membuat medsos. 

Baca juga: Tanda Mengidap Kecanduan Smartphone

5. Aktifkan Screen Time 

Tips kecanduan media sosial

Mungkin Anda tidak sadar berapa waktu yang dihabiskan untuk jejaring sosial dan aplikasi perpesanan. Kabar baiknya, sudah banyak aplikasi yang dapat membantu mengontrol kebiasaan digital pengguna dan tidak perlu diunduh. 

Anda dapat membuka pengaturan ponsel cerdas dan aktifkan fitur Screen Time di iOS atau Digital wellbeing di Android. Fitur ini memungkinkan Anda membuka jejaring sosial hanya pada waktu tertentu, dan mencegah kecanduan smartphone.

6. Istirahat Sejenak 

Detoks medsos

Coba untuk beristirahat dari media sosial. Caranya dengan menghindari aplikasi yang sering Anda akses dalam seminggu atau periode tertentu. Saat sudah mulai terbiasa, Anda bisa belajar menjauhkan diri dari internet untuk sementara. 

Supaya tidak membosankan, Anda bisa mengganti aktivitas membuka aplikasi dan berselancar di internet dengan aktivitas alam seperti mendaki gunung, berkemah di hutan dan berbagai aktivitas seru yang bisa menyita waktu Anda. 

7. Menghapus Akun Media Sosial

Tips mengatasi kecanduan sosial mediaTips berikut ini memang cukip ekstrem, karena untuk mengatasi ketergantungan terhadap media sosial, Anda harus menghapus aplikasi dan akun dari kehidupan Anda.

Walaupun begitu, cara untuk mengurangi kecanduan terhadap medsos ini sangatlah efektif untuk menjauhkan Anda dari rusuhnya platform media sosial saat ini.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Facebook Permanen dan Sementara

Jangan khawatir foto, video, dan postingan Anda lainnya akan hilang ketika menghapus akun akan kehilangan pos, pesan, atau foto-foto dalam platform tersebut. Hampir setiap jejaring sosial kini memungkinkan Anda menyimpan data-data akun di HP atau laptop Anda. 

8. Memberikan Penghargaan ke Diri Sendiri 

Detoks Digital

Setelah membebaskan diri Anda dari paparan media sosial yang berlebihan, luangkan waktu sejenak untuk memberi selamat dan apresiasi kepada diri sendiri, sekaligus mengawasi diri Anda dengan baik.

Anda bisa membeli makanan yang Anda suka, atau mengunjungi tempat yang disukai. Semua dilakukan agar Anda semakin termotivasi untuk melakukan detoks digital demi kebaikan diri.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengatasi kecanduan atau ketergantungan terhadap aplikasi media sosial yang bisa Anda ikuti. Diharapkan Anda bisa merasa lebih bahagia dengan mengikuti beberapa cara tadi. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0