Menghapus Akun Facebook dengan Mudah dan Cepat

Telset.id – Bermain Facebook kadang menimbulkan rasa bosan dan kecanduan. Bagi yang sudah bosan atau kecanduan Media Sosial (Medsos), Facebook memberikan kesempatan pengguna untuk menonaktifkan sementara atau menghapus akun secara permanen. 

Terdapat beberapa langkah yang harus diikuti saat ingin menonaktifkan sementara atau menutup akun secara permanen. Selain itu Anda harus mengetahui berbagai konsekuensi saat akun dinonaktifkan atau ditutup permanen. 

Bagi yang penasaran, Tim Telset akan memberikan cara menghapus akun Facebook dengan mudah. Yuk disimak!  

Cara Menghapus Akun Facebook

Ilustrasi Facebook (Foto: Istimewa)

Facebook memberikan kesempatan pengguna untuk menonaktifkan sementara Facebook atau menghapus secara permanen. Kedua cara tersebut dapat dipilih dan dilakukan pengguna sesuai kebutuhan masing-masing. 

Cara Menonaktifkan Sementara Akun Facebook 

Cara ini cocok bagi Anda yang ingin beristirahat di media sosial untuk sementara waktu. Terdapat fitur untuk menonaktifkan sementara akun Facebook untuk kemudian diaktifkan kembali. 

  • Klik tanda segitiga terbalik di kanan atas Facebook.
  • Pilih Pengaturan & Privasi > Lalu klik > Pengaturan.
  • Klik Informasi Pribadi di kolom kiri
  • Pilih > Kelola Akun (Kontak Pewaris dan Pengaturan Penonaktifan)
  • Setelah di laman Kelola Akun > Klik > Penonaktifan dan Penghapusan.
  • Pilih Nonaktifkan Akun > lalu klik > Lanjutkan ke Penonaktifan Akun
  • Setelah itu ikuti petunjuk untuk mengonfirmasi.

Jika akun tidak aktif maka tidak ada pengguna yang bisa melihat profil Anda. Selain itu  beberapa informasi, seperti pesan yang Anda kirimkan ke teman, mungkin masih bisa dilihat dan Anda masih masuk dalam daftar teman di akun lain.

Kemudian nama Anda hanya bisa dilihat oleh teman Anda dan hanya dari daftar teman miliknya kemudian admin grup masih bisa melihat postingan dan komentar Anda, beserta nama Anda. 

{Baca juga: Facebook Hapus Hoaks Vaksin Covid-19 Tertanam Chip Pelacak}

Untuk mengaktifkan kembali akun Anda, silakan kembali login ke Facebook seperti biasa. Perlu diingat  Anda harus memiliki akses ke email atau nomor ponsel yang digunakan untuk login agar bisa kembali mengaktifkan akun. 

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen 

Facebook memberi kesempatan pengguna untuk menghapus akun mereka. Fitur menghapus akun secara permanen bisa dilakukan bagi Anda yang ingin meninggalkan media sosial Facebook atau ingin membuat akun baru yang lebih menarik. 

  • Klik  tanda segitiga terbalik yang terletak di kanan atas Facebook.
  • Pilih Pengaturan & Privasi > Lalu klik > Pengaturan.
  • Klik Informasi Facebook yang Anda miliki di kolom kiri.
  • Klik Penonaktifan dan Penghapusan.
  • Pilih Hapus Akun Secara Permanen > lalu klik > Lanjutkan ke Penghapusan Akun
  • Klik Hapus Akun > masukkan > Kata Sandi/password > lalu klik > Lanjutkan.

Perlu diketahui saat menghapus akun secara permanen Anda tidak akan bisa mengaktifkan kembali akun dan seluruh profil, foto, postingan, video, dan semua yang pernah ditambahkan akan dihapus secara permanen. 

Anda tidak bisa lagi menggunakan Facebook Login untuk aplikasi lain, seperti Spotify atau Pinterest, yang pendaftarannya menggunakan akun Facebook. Anda mungkin harus menghubungi aplikasi dan situs web terkait untuk memulihkan akun tersebut.

{Baca juga: Sebanyak Inikah Facebook Kumpulkan Informasi Tentang Anda?}

Facebook juga memberikan kesempatan kepada pengguna untuk membatalkan penghapusan akun. Syaratnya jika kurang dari 30 hari sejak Anda menghapus akun, maka Anda masih bisa membatalkan penghapusan akun.

  • Login ke akun Facebook dalam 30 hari setelah penghapusan akun Anda.
  • Klik “Batalkan Penghapusan”.

Demikian tutorial bagaimana cara menghapus akun Facebook. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi kalian yang ingin meninggalkan media sosial dan fokus ke kehidupan nyata sehari-hari. Selamat mencoba. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -