telset

5 Tips Membuat Foto Produk dengan Kamera HP, Cocok Buat Pemula

Telset.id – Untuk Anda yang tengah menjalankan bisnis online, foto produk menjadi bagian penting yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Untuk itu, kali ini kami membagikan tips untuk membuat foto produk menarik dengan menggunakan kamera HP, khususnya Oppo A16.

Banyak pelaku usaha yang tidak begitu memperhatikan foto produk yang dijual. Salah satu alasannya karena mereka berdalih tidak memiliki perangkat pendukung yang mumpuni seperti kamera DSLR atau smartphone flagship dengan kamera beresolusi tinggi.

Namun seperti yang kita ketahui bersama, dua perangkat yang disebutkan di atas dijual di pasaran dengan harga yang cukup mahal. Seperti pepatah “banyak jalan menuju Roma”, keterbatasan tersebut masih bisa diakali dengan memanfaatkan kamera HP harga Rp 2 jutaan seperti Oppo A16.

Baca Juga: Review Oppo A16 Indonesia

Menurut Meyani Kristina Ningrum yang merupakan pengajar workshop fotografi produk UMKM, foto yang dihasilkan melalui kamera smartphone sudah lebih dari cukup untuk dipajang di media sosial atau untuk toko online.

HP Oppo terbaru ini telah resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 2 jutaan. Tentunya ini menjadi solusi sekaligus tips untuk membuat foto produk berkualitas dan menarik menggunakan ponsel dengan harga yang terjangkau.

Tetapi pastinya banyak yang masih bingung bagaimana menciptakan foto berkualitas dengan memanfaatkan kamera smartphone. Nah, berikut ini tips membuat foto produk menarik dengan kamera HP Oppo A16.

Tips Membuat Foto Produk Menarik dengan HP Oppo A16

tips foto menggunakan hp

Sebagai informasi tambahan, Meyani merupakan seorang pengajar workshop offline dan online dengan basic food & product photography UMKM, instansi, dan komunitas di daerah Batam.

“Modal utama jualan di sosial media adalah foto yang dikemas apik. Dengan kamera HP Oppo A16 kita sudah bisa menghasilan foto yang sesuai dengan kebutuhan promosi pelaku UMKM,” jelas Meyani.

Berikut ini sejumlah tips dari Meyani untuk membuat foto produk yang menarik dengan menggunakan kamera HP Oppo A16.

1. Pencahayaan yang Optimal

Pencahayaan jadi faktor penting untuk membuat foto produk yang berkualitas. Tidak perlu menggunakan alat pencahayaan profesional yang membutuhkan biaya tambahan, cukup dengan cahaya alami.

Meyani menyarankan untuk melakukan proses memotret di teras atau dekat jendela yang terpapar cahaya alami secara maksimal.

Baca Juga: Oppo A16 Jadi Partner Terbaik untuk Bisnis Online

Selain itu, pastikan juga waktu foto yang tepat atau sering disebut golden hour. Sebagai informasi, golden hour terjadi sekitar 1 jam setelah matahari terbit dan satu jam sebelum matahari tenggelam.

Untuk mengakali pencahayaan, Anda juga bisa menggunakan aluminium foil untuk memantulkan cahaya ke produk yang sedang difoto. Ini membuat produk terpapar cahaya dengan lebih maksimal.

2. Angle yang Tepat

Tips membuat foto produk menarik dengan HP Oppo A16

Setelah pencahayaan sudah pas, sudut pengambilan foto atau angle juga jangan sampai lupa untuk diperhatikan. Untuk mendapatkan angle yang tepat, Meyani menyarankan untuk menerapkan konsep amati, tiru, dan modifikasi.

Anda bisa melihat foto produk milik orang lain di internet atau sosial media. Pelajari angle pengambilan fotonya, kemudian praktekkan dan berikan modifikasi sesuai dengan produk yang tengah kita potret.

Dengan cara ini, lama kelamaan Anda akan terbiasa memotret produk. Nantinya Anda akan terbiasa dan bisa menentukan sendiri mana angle yang tepat.

3. Properti Sebagai Pemanis

Agar foto terlihat lebih estetik dan komposisinya lebih pas, Anda bisa menyiapkan properti lain sebagai penghias. Tidak perlu membeli, gunakan saja barang-barang di sekitar dengan warna yang senada.

Baca juga: Cara Buat Video Menarik dengan Soloop

Jika warnanya tidak senada, setidaknya properti yang digunakan sesuai dengan produk. Penggunaan properti bukan sebuah keharusan, hanya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja.

4. Poles Foto dengan Editing

Tips membuat foto produk menarik dengan HP Oppo A16

Setelah foto berhasil diabadikan, jangan lupakan proses finishing melalui editing. Dengan editing, hasil foto yang diambil bisa dipoles agar terlihat lebih menarik.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik

Beberapa aplikasi editing disarankan oleh Meyani, seperti Lightroom Mobile, Remove.bg dan juga Canva. Ketiga aplikasi tersebut menurut Meyani sangat mudah digunakan, apalagi untuk para pemula.

5. Manfaatkan Expert Mode di Oppo A16

Apabila sudah lebih mahir, Anda bisa menggunakan Mode Expert dan Natural Lighting yang ada di kamera Oppo A16. Kedua mode ini juga menjadi andalan Meyani untuk memotret menggunakan Oppo A16.

Dengan memanfaatkan mode tersebut, Anda bisa dengan bebas mengatur saturasi, white balance, dan lain sebagainya untuk hasil foto yang lebih maksimal.

So, buat Anda yang ingink membeli Oppo A16, HP terbaru Oppo ini sudah resmi tersedia di Indonesia dan dijual dengan harga Rp 2,4 jutaan saja. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0