Awas! Serangan “FragAttacks” Lewat WiFi, Begini Cara Mengatasinya

Telset.id, Jakarta – Peneliti keamanan siber Belgia membeberkan hasil penemuan mereka yang mengungkapkan adanya kerentanan pada WiFi yang mereka sebut sebagai FragAttacks.

Bahayanya, kerentanan ini bisa mempengaruhi berbagai perangkat, mulai dari router, smartphone, dan perangkat apa pun yang terhubung dengan WiFi.

Dikutip Telset dari Gizmodo, pakar keamanan siber Mathy Vanhoef menyebut kumpulan kerentanan ini sebagai serangan fragmentasi dan agregasi atau FragAttacks.

Menurutnya, hasil penelitian yang mereka lalukan menunjukkan bahwa dari 12 celah keamanan yang berbeda ini sangat berpotensi membocorkan informasi pengguna atau menyerang perangkat tertentu jika WiFi sudah disusupi penjahat siber.

{Baca juga: Tips Penguat Sinyal WiFi, Internet Kencang Jadi Gak Ngelag}

Dari penjelasan yang dipaparkan Vanhoef di situs FragAttacks, bahwa sembilan kerentanan ini berasal dari celah dalam pemrograman produk WiFi tertentu.

Sedangkan tiga lainnya disebabkan oleh adanya bug dalam standar WiFi itu sendiri. Protokol keamanan yang digunakan beberapa jaringan WiFi atau biasa disebut WEP juga terpengaruh dengan kerentanan ini.

Sebagai informasi, WEP merupakan protokol keamanan yang ada sejak WiFi diimplementasikan di tahun 1997. Itu artinya, sejumlah celah keamanan ini sudah ada sejak dari awal WiFi diciptakan.

Vendor Rilis Patch Keamanan

Meski celah keamanan ini cukup membuat khawatir, namun Anda tak perlu terlalu panik. Pasalnya, menurut Vanhoef, kelemahan khusus ini cukup sulit untuk ditelusuri karena membutuhkan interaksi pengguna yang sebenarnya.

Maksudnya, kerentanan ini hanya bisa dieksploitasi saat pengguna menggunakan pengaturan jaringan yang tidak jelas. Kabar baik lainnya, sejumlah vendor juga sudah merilis patch untuk menambal celas keamanan di produk mereka untuk menghindari FragAttacks.

Contohnya, Microsoft belum lama ini menggulirkan tiga update patch untuk menambal ketiga celah keamanan yang ada di perangkat Windows. Patch tersebut ditujukan untuk perangkat Windows 10, Windows 8.1, dan Windows 7.

{Baca Juga: Cara Ubah SSID dan Password WiFi jadi QR Code}

Kami menyarankan bagi Anda yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows 10, Windows 8.1, dan Windows 7 untuk segera melakukan update.

Netgear sendiri sudah memasang halaman peringatan untuk menghindari FragAttacks. Selain itu, mereka juga telah menggulirkan patch untuk menambal celah di produknya.

Sementara itu, sejumlah vendor juga telah menghadirkan patch perbaikan, seperti Microsoft, Eero, Aruba, Cisco, Ruckus, Intel, Juniper, Lancom, Lenovo, Linux Wireless, Mist, Netgear, Samsung, Synology, dan Zyxel.

Ilustrasi WiFi (Istimewa)

Tips Menghindari FragAttacks

Mathy Vanhoef memberikan tips bagi Anda yang mungkin belum menerima update patch untuk menghindari serangan fragmentasi atau FragAttacks di jaringan WiFi.

Sebenarnya tips yang diberikan standar, sama seperti tips keamanan pada umumnya, yakni menerapkan password yang kuat dan unik, sehingga akan lebih susah ditembus atau diketahu para penjahat siber.

{Baca juga: Cara Mengetahui Siapa yang Memakai WiFi Kita Tanpa izin}

Selain itu, Vanhoef juga mengingatkan kepada para pengguna internet untuk selalu mengakses website dengan protokol enkripsi HTTPS. Nah, itu tadi tips sederhana tapi cukup efektif untuk menghindari FragAttacks. Tetap waspada dan selamat mencoba. [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -