telset

Hati-hati, Bug WiFi Ini Bikin iPhone Kamu Rusak

Telset.id, Jakarta – Peneliti keamanan bernama Carl Schou telah menemukan celah keamanan pada iPhone yang tergolong unik. Bug iPhone ini terletak pada koneksi WiFi, yang dapat dengan mudah dieksploitasi oleh orang awam sekalipun.

Melalui Twitter, Carl Schou menunjukkan bahwa setelah iPhone terhubung ke jaringan WiFi dengan nama tertentu “%p%s%s%s%s%n”, koneksi nirkabel iPhone langsung tidak berfungsi atau rusak.

Tak hanya iPhone, ketika iPad tergabung ke jaringan dengan nama SSID “%p%s%s%s%s%n”, maka perangkat gagal tersambung ke jaringan WiFi atau menggunakan fitur nirkabel lainnya seperti AirDrop.

Dilansir Telset dari 9to5Mac, bug WiFi iPhone ini tetap ada bahkan setelah pengguna melakukan restart perangkat. Menariknya, celah keamanan ini hanya terjadi pada iPhone saja, karena smartphone Android tetap dapat mengakses internet dengan SSID WiFi seperti itu.

{Baca juga: Ditemukan Bug Keamanan di Modem Qualcomm, Ancam Pengguna Android}

 

Diduga, penyebab utamanya adalah iOS membaca tanda persen pada nama WiFi sebagai perintah dan bukan teks biasa saja. Asal tahu saja, sintaks atau karakter persen biasanya digunakan dalam bahasa pemrograman untuk memformat variabel menjadi string, khususnya dalam bahasa pemrograman C.

Cara Memperbaiki Bug WiFi di iPhone

Bug WiFi iPhone

Tentu saja, untuk menghindari celah keamanan semacam ini, jangan pernah hubungkan iPhone ke jaringan WiFi dengan nama yang aneh atau mengandung tanda persen.

Namun bagi Anda yang lagi sial terkena masalah ini, jangan khawatir. Ada cara ampuh untuk memperbaiki bug WiFi di iPhone dengan mudah. Berikut panduan lengkapnya:

{Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Aman dari “Si Kepo”}

  • Masuk ke Settings dan pilih General Reset.
  • Lalu, pilih Reset Network Settings.
  • Tekan Confirm, dan iPhone Anda otomatis akan melakukan restart. Jika tidak, restart manual saja dan koneksi WiFi iPhone akan kembali normal.

Masalah yang hampir sama sebenarnya pernah terjadi pada tahun 2018 silam. Bug ini ditemukan lewat pesan iMessage yang berisi karakter dari bahasa Tenglu, India.

Jika pengguna mendapatkan pesan tersebut, maka iPhone akan hang atau crash. Cara untuk mengatasinya kala itu adalah dengan melakukan restart perangkat. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0