Tambah Ruang di PS5 dengan Memasang M.2 SSD, Caranya?

Telset.id, Jakarta – M.2 SSD diketahui bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan PS5. Bagi Anda yang belum tahu cara memasangnya, beberapa langkah berikut bisa dilakukan, tanpa Anda harus menghabiskan waktu untuk menghapus perangkat lunak dan sebagainya.

Sebagai informasi, sebagai sebuah konsol PlayStation 5 atau PS5 boleh dibilang luar biasa. Namun ruang penyimpanannya terbatas lantaran sistem operasi dan file penting memakan ruang yang ada.

Dengan kata lain, PS5 hanya menyisakan 677,2GB dari 825GB yang tersedia untuk menyimpan game. Jadi, memasang M.2 SSD ke PS5 menjadi solusi untuk menambah lebih banyak ruang.

Hard drive eksternal PS5 adalah opsi lain. Tetapi, perlu dicatat bahwa Anda tidak dapat benar-benar mendapatkan kenyamanan dan pengalaman dalam bermain.

BACA JUGA:

Menggunakan drive internal NVMe Gen 4.0 lebih baik. Sebab, game dapat disimpan dan dimainkan dari drive tersebut dengan manfaat waktu muat yang cepat.

Cara memasang M.2 SSD di PS5

Perlu perhatikan bahwa tidak semua drive NVMe muat di PS5. Anda butuh Gen 4.0 dengan kecepatan minimum berurutan 5.500 MB/dtk atau lebih cepat.

Heatsink SSD PS5 juga diperlukan. Beberapa model sudah tersedia dalam sistem pra-instal. Heatsink SSD PS5 bahkan juga dapat berfungsi sebagai penutup M.2.

Spesifikasi lengkap standar Sony

  • Interface: PCIe Gen4 x4 M.2 NVMe SSD
  • Kapasitas: 250GB – 4TB
  • Struktur pendingin: Menggunakan M.2 SSD memerlukan pembuangan panas yang efektif dengan struktur pendingin, seperti heatsink. Anda dapat memasang sendiri, baik dalam format satu sisi atau dua sisi. Ada juga M.2 SSD yang memiliki struktur pendingin bawaan.
  • Kecepatan baca berurutan: disarankan 5.500 MB/dtk atau lebih cepat
  • Lebar modul: 22 mm (lebar 25 mm tidak didukung)
  • Faktor Bentuk: M.2 tipe 2230, 2242, 2260, 2280, dan 22110
  • Jenis soket: 3 (Key M)
  • Ukuran total termasuk struktur pendingin: Lebih kecil dari 110 mm (L) x 25 mm (W) x 11.25 mm (H)

Tidak terlalu banyak yang diperlukan untuk menginstal M.2 SSD ke PS5. Tapi, Anda butuh beberapa item, semisal obeng pipih besar untuk melepas dudukan dsb.

Menggunakan obeng pipih, Anda bisa melepas dudukan PS5. Cukup putar sekrup besar. Setelahnya, letakkan dudukan dan kencangkan hati-hati ke satu sisi.

Anda harus melepas penutup samping drive disk agar dapat mengakses port M.2 PS5. Pegang sudut kiri atas secara kuat, lalu angkat. Geser penutupnya ke kanan.

Ketika panel samping telah dilepas, selanjutnya adalah melepas penutup port M.2 PS5. Anda akan melihat ruang untuk NVMe SSD. Lantas, masukkanlah drive.

Masukkan secara hati-hati di sudut 45 derajat agar pin penghubung NVMe M.2 dapat melakukan kontak tepat. Lalu, tahan drive dan pasang di dalam port.

Sekadar informasi, ada heatsink aluminium tebal yang membuat seluruh port tetap dingin. Anda harus bisa mendapatkan kinerja sekuensial lebih cepat.

Setelah selesai, Anda hanya perlu menggeser kembali penutup PS5. Sejajarkan dengan tempatnya di sistem dan dorong ke kiri sampai terdengar bunyi klik.

BACA JUGA:

Sekarang, Anda siap menyambungkan kabel HDMI dan kabel daya konsol kembali untuk langkah terakhir. Ketika proses tuntas, saatnya Anda memformat.

Pemformatan membutuhkan waktu beberapa detik. Anda akan diberi tolok ukur internal Sony yang menyampaikan kecepatan baca, semisal 5.500 MB/detik.

Terakhir, transfer beberapa judul ke drive NVMe M.2. Anda bisa melewatinya sekaligus dan mulai memuatnya. Bagaimana, apakah usaha Anda sukses?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0