Malas Ngetik, Begini Cara Copy Teks dari Gambar di Android

Telset.id, Jakarta – Jika seseorang sudah keluar rasa malasnya, hal paling sederhana pun akan terasa berat untuk dilakukan. Contohnya menulis atau mengetik catatan di smartphone. Jika dilihat dari kegiatannya, tentu itu adalah kegiatan yang sederhana bukan?

Jika Anda perhatikan, dalam berbagai seminar atau acara-acara yang menampilkan presentasi sesuatu lewat slide di layar, para pesertanya akan lebih senang memotret apa yang ditampilkan pada layar ketimbang menulisnya. Ya, sejak era smartphone yang dilengkapi kamera, banyak orang yang menjadi malas untuk mencatat.

Tapi namanya juga “pemalas”, mereka akan kembali menemukan masalah saat akan menulis kembali materi presentasi di slide yang dipotret tadi. Karena tulisan yang ada difoto itu tidak bisa langsung diedit, karena formatnya jelas berbeda. Nah, apakah Anda juga pernah mengalami “kesulitan” tersebut?

{Baca juga: Alibaba Ciptakan AI Copywriter, Apa Kelebihannya?}

Cara Mengambil Tulisan dari Gambar

Pernah mengalami kesulitan dalam mencatat atau menyalin Teks dari foto atau gambar? Tenang, kalau memang Anda pernah mengalaminya, Tim Telset.id akan memberikan tips cara mengambil tulisan dari foto atau scan dokumen. So, ikuti cara mengambil teks dari gambar berikut ini:

  • Cara menyalin tulisan di foto yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan install aplikasi bernama Text Fairy (OCR Text Scanner) yang sudah tersedia di Google Play Store.

mengambil tulisan dari gambar menggunakan aplikasi

  • Jika sudah, jalankan aplikasinya dan kemudian izinkan aplikasi untuk bisa mengakses media penyimpanan pada smartphone dengan menekan tombol Allow.
  • Selanjutnya, pilih salah satu cara pengambilan gambar yang akan diekstrak menjadi tulisan yakni dengan memotretnya atau mengambil gambar yang sudah tersimpan di media penyimpanan. Oh ya, pada aplikasi ini juga tersedia fitur download bahasa di dalamnya, termasuk Bahasa Indonesia.

  • Di sini kami menggunakan opsi memotret gambar dengan menekan tombol seperti kamera. Arahkan kamera ke gambar yang ingin Anda ekstrak tulisannya. Agar mengambil teks di dalam gambar menjadi maksimal.

{Baca juga: Cara Pakai Fitur Handwriting to Text di Samsung Galaxy Note 20}

mengambil tulisan dari gambar

  • Jika sudah, kemudian Anda harus crop gambar yang ingin diambil tulisannya, kemudian piliih bahasa dari tulisan tersebut. Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga proses pengenalan huruf oleh aplikasi selesai.

Ambil tulisan dari gambar dengan aplikasi

  • Setelah muncul tulisannya, maka Anda bisa mulai salin teks dari gambar tersebut, membagikannya atau menjadikannya file berekstensi .pdf.

{Baca juga: Microsoft Word Sekarang Bisa Transkrip Suara Jadi Teks}

Ambil tulisan dari gambar dengan aplikasi

Itulah cara menyalin teks dari gambar! Mulai sekarang jika Anda malas mengetik catatan, pakai saja cara salin teks dari foto atau gambar seperti di atas. Selamat mencobanya! (FHP/HBS)

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -