Kenalin, Robot Salto yang Pintar Loncat

Robot Salto

Telset.id, Jakarta – Robot diciptakan dengan beragam kemampuan. Jika beberapa waktu lalu pernah diberitakan ada robot yang memiliki keseimbangan yang bagus, robot yang mampu bermimpi, dan sekarang ada robot yang pandai meloncat.

Robot Salto ini dibuat oleh divisi robotika dari University of California Berkeley. Salto yang merupakan singkatan dari Saltatorial Locomotion on Terrain Obstacles, adalah sebuah robot yang kecil namun memiliki kemampuan yang besar, yakni mampu meloncat hingga 1.75 meter per detiknya.

[Baca juga: Robot Ini Punya ‘Keseimbangan Tubuh’ yang Luar Biasa]

Dilansir Tim Telset.id dari CNET, desain dari robot Salto awalnya merupakan hasil observasi dari binatang bernama Galago yang merupakan salah satu binatang pelompat terbaik.

“Hewan yang memiliki kemampuan melompat memiliki jenis postur seperti berjongkok. Jadi semakin lama binatang tersebut merunduk, maka semakin banyak energi yang mereka bisa pindahkan ke tendon mereka, dan lebih banyak lagi energi yang didapat kembali untuk melompat. Jadi kita buat Salto memiliki kemampuan seperti itu,” jelas Duncan Haldane, salah satu peneliti robotika dari University of California Berkeley.

[Baca juga: Canggih! Peneliti Ciptakan Robot yang Bisa Bermimpi]

Tak hanya bisa melompat tinggi, Salto juga bisa melakukan parkour meskipun masih tingkat dasar. Namun Haldane menyatakan jika nantinya Salto bisa mengembangkan Salto agar bisa melompat seperti parkour agar bisa melewati segala medan.

Para peneliti dari Universitas Berkeley berharap nantinya robot ini menjadi cikal bakal robot yang mampu melewati berbagai rintangan untuk misi pencarian atau penyelamatan. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here